Asia Timur Terancam Cuaca Buruk

0
96

BEIJING—Puluhan juta orang yang mendiami kawasan Asia Timur harus bersiap-siap menghadapi cuaca buruk seperti angin topan dan badai dalam sepekan ke depan.

Badai Tropis Linfa bergerak di atas Hong Kong pada Kamis malam hingga Jumat. Sebelumnya, badai tropis ini juga sempat menerpa di bagian selatan Tiongkok, tepatnya di Guangdong.  Demikian yang dikutip dari CNN, Jumat (10/7/2015).

Badai memaksa Bandara Internasional Hong Kong ditutup selama satu malam, dan menyebabkan riubuan penumpang terlantar. Sekitar 1.020 penerbangan dari dan ke bandara juga harus dijadwal ulang karena sistem terganggung.

“Penumpang disarankan untuk menghubungi maskapai penerbangan mereka atau situs HKIA untuk status penerbangan terbaru sebelum berangkat ke bandara,” kata juru bicara itu bandara Hong Kong.

Kondisi cuaca di Hong Kong diperkirakan akan memburuk sepanjang malam ini. Oleh karenanya, otoritas setempat meminta warga tetap tinggal di rumah. Selain angin kencang, warga Hong Kong – juga warga Guangdong – akan menghadapi hujan lebat.
 
Badai Tropis Linfa ini juga diperkirakan akan bergeser dan membawa hujan lebat ke Manila, Filipina.

Setelah Linfa menghilang, warga Tiongkok juga akan menghadapi topan kuat yang akan mendarat pada Sabtu besok. Topan bernama Chan-hom itu memiliki daya yang lebih besar dibanding badai Linfa.

Beberapa wilayah yang akan terdampak di antaranya Sanghai, kemudian Okinawa di Jepang, serta pulau-pulau di Jepang lainnya selama 24 jam ke depan.

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here