Awas! Cuaca ekstrim Sabtu, Minggu

0
151
Waspada, cuaca ekstrim 6 dan 7 Juli, 2024

WARGA yang tinggal di sejumlah wilayah di Indonesia atau yang hendak melakukan perjalanan diimbau untuk mengantisipasi cuaca ekstrim hari ini, Sabtu dan Minggu (6 dan 7 Mei).

Amankan barang-barang berharga ke tempat yang lebih tinggi dan kalau perlu tunda perjalanan menuju lokasi-lokasi yang berpotensi mengalami cuaca ekstrim seperti angin kencang, hujan lebat dan petir sesuai prakiraan yang dikeluarkan BMKG!

Cuaca ekstrim disebabkan oleh sirkulasi siklonik yang terpantau di Selat Karimata dan Samudra Pasifik timur Filipina yang membentuk titik pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) dari Laut Jawa hingga Bangka Belitung, dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Barat, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah dan dari Filipina hingga Samudra Pasifik timur Filipina.

Daerah konvergensi lain terpantau memanjang di pesisir barat Bengkulu, dari perairan barat Banten hingga barat daya Lampung, dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat, di Laut Banda, dan dari Papua hingga Papua Barat. Selain itu, juga muncul daerah pertemuan angin (konfluensi) yang terpantau memanjang di Laut Jawa dan Laut Filipina.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut,” demikian bunyi penjelasan BMKG.

Wilayah berpotensi hujan lebat, petir, dan angin kencang: Aceh Sumatera Utara Riau Kepulauan Riau Bengkulu Jambi Sumatera Selatan Kepulauan Bangka Belitung Lampung Banten Jawa Barat DKI Jakarta Jawa Tengah Kalimantan Barat Kalimantan Tengah Kalimantan Utara Kalimantan Timur Sulawesi Utara Gorontalo Sulawesi Tengah Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tenggara Maluku Utara Maluku Papua Barat Papua.

Wilayah berpotensi hujan, petir, dan angin kencang: Sumatera Barat Nusa Tenggara Barat Kalimantan Selatan. Wilayah berpotensi angin kencang: Jawa Timur Nusa Tenggara Timur.

Sedangkan wilayah berpotensi hujan lebat, petir, dan angin kencang: Aceh Sumatera Utara Riau Kepulauan Riau Bengkulu Jambi Sumatera Selatan Kepulauan Bangka Belitung Lampung Banten Jawa Tengah Kalimantan Barat Kalimantan Tengah Kalimantan Utara Kalimantan Timur Sulawesi Utara Gorontalo Sulawesi Tengah Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tenggara Maluku Utara Maluku Papua Barat Papua.

Wilayah berpotensi hujan, petir, dan angin kencang: Sumatera Barat Jawa Barat DKI Jakarta, sedangkan wilayah berpotensi angin kencang: Jawa Timur Nusa Tenggara Barat Nusa Tenggara Timur.

Waspada dan waspada!

 

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here