spot_img

Balas Dendam Garuda vs Singa Mesopotamia

LAGA antara Skuad Garuda vs Irak yang digelar di Stadion GBK, Kamis, 6 Juni pukul 16:00 WIB selain untuk menebus dua kali kekalahan beruntun timnas dalam tujuh bulan terakhir ini, juga untuk lolos putaran ketiga memperebutkan tiket di ajang Piala Dunia sepakbola 2026.

Timnas Garuda sebelumnya dibantai oleh Irak 1 – 5 dalam kualifikasi PD 2026 di Basra, Irak, November 2023, lalu takluk lagi 1 -3 pada fase grup Piala Asia di Qatar, Januari lalu dan melawan Filipina imbang 1 – 1 (Nov. ’23) dan menang dua kali lawan Vietnam masing-masng 3 – 0 dan 1 – 0 pada Maret lalu.

Kesebelasan Singa Mesopotamia Irak juga pernah berjaya di Stadion GBK saat mereka pertama kalinya sampai kini menjuarai Piala Asia pada 2007 dengan mengalahkan Arab Saudi (1 – 0), sementara Indonesia saat itu sudah tersingkir lebih dulu di babak penyisihan.

Di Grup F klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia berada di posisi kedua dengan tujuh poin di bawah Irak yang memperoleh 12 poin atat memenangkan seluruhnya empat laga sebelumnya, lalu menyusul Vietnam di posisi ke tiga dan Filipina juru kunci.

Untuk memastikan manaat satu dari 18 kesebelasan yang akan berlaga di Piala Dunia 2026, timnas harus menang melawan Irak atau meraih poin tiga lagi.

Sebaliknya, Irak yang sudah mengunci tiket untuk Piala Dunia 2026 kemungkinan akan bermain santai walau pelatihnya, Jesus Casas merendah, menyebutkan Garuda adalah lawan tangguh yang pasti bermain ngotot agar lolos babak selanjutnya.

Dalam laga kali ini, Garuda diperkuat deretan pemain naturalisasi seperti Sandi Walsh, Jordi Amat, Shayne Patinama, Thom Haye, Ivar Jenner, Regnar Oratmangun dan Rafael Struick.

Pelatih timnas Shin Tae-yong menilai, laga kelima babak kualifikasi PD 2026 malam nanti merupakan peluang bagi skuad Garuda mengalahkan Irak.

Namun Shin mengaku, Irak adalah tim yang baik dan lebih kuat dari timnas Garuda walau tim asuhanya akan berusaha memenangi laga di kandang sendiri yang didukung puluhan ribu penonton tuan rumah dan berharap bermain dengan penuh percaya diri.

Sedangkan beck tengah Garuda Jordi Amat berharap agar seluruh anggota timnya bermain maksimal dan sempurna agar bisa menang lawan Irak.

“Penampilan kami di Piala Asia di Qatar, Januari lalu makin membaik dibandingkan laga di Basra sebelumnya dan hari ini di depan pendukung, bisa mengalahkan mereka, “ ujarnya.

Jika menang melawan Irak nanti, berarti Indonesia pertama kali ikut Piala Dunia 2026, sedangkan sebelumnya pernah mengikutinya pada 1938 saat Indnosia masih bernama resmi  Hindia Belanda .

Saat ini Indonesia berada di peringkat 134 FIFA, dibandingkan Irak 58, sedangkan dari 14 laga,  Irak menang sembilan kali, kalah dua kali dan tiga kali man imbang. Di ajang turnamen resmi, tampilan Indonesia terbaik melawan Irak, terjadi pada kualifikasi Olimpiade 1968 dengan skor 2 – 1.

Indonesia dengan sekitar 273 juta penduduk yang rata-rata penggemar sepak bola, seharus mampu berbicara di ajang turnamen sepak bola dunia.

Ayo Garuda, kepakkan sayapmu!

 

 

 

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles