Beredar Rumor, Malaysia akan Diguncang Gempa dan Tsunami

0
133

KUALA LUMPUR—Para pengguna dunia maya di Malaysia heboh lantaran isu gempa besar dan tsunami yang akan melanda Pahang, salah satu negara bagian di Malaysia dalam 36 jam ke depan. Konon terawangan itu bersumber dari Jepang, yang memberi sinyal bahwa masyarakat Malaysia harus bersiaga.

“japan send warning.. there will be earthquake and tsunami within 36 hours… pahang probably affected…” demikian pemilik akun @hakimMasri92 sekira pukul 12-an waktu Malaysia. Akun tersebut menayangkan pula cuplikan layar TV3 Malaysia tentang ancaman itu.

Sebelumnya, sebuah media lokal juga mengangkat judul “Ancaman Gempa Besar” di halaman utamanya. Di media tersebut, Kuala Lumpur menjadi kawasan paling berisiko.

Hanya Rumor,

Kepanikan yang melanda Netizen membuat Departemen Meteorologi Malaysia mengeluarkan pernyataan ke publik, bahwa ancaman itu hanya isu yang tidak berdasar.

“Dengan demikian, orang-orang disarankan untuk tidak mudah percaya saran atau peringatan yang beredar di media sosial yang tidak berasal dari MetMalaysia (Departemen Meteorologi Malaysia),” ujar Menteri Sains, Teknologi, dan Inovasi Malaysia, sebagaimana dikutip Bernama, Rabu (10/6/2015).

Untuk itu, pemerintah Malaysia mengharapkan masyarakatnya dapat melakukan konfirmasi atas kebenaran informasi yang beredar dengan menghubungi departemen terkait.

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here