spot_img

BNPB: Tren Letusan Raung Menurun

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Nasional (BNPB) meminta warga di sekitar Gunung Raung untuk tetap tenang dan tidak panik pascaerupsi gunung yang aktivitasnya semakin tinggi sejak akhir bulan Juni 2015 lalu.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, sampai saat ini warga belum perlu mengungsi. “Tren letusan Gunung Raung menurun,” kata Sutopo melalui pesan singkatnya kepada KBK, Senin (13/07/2015).

Meski demikian, lanjut Sutopo, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah melakukan langkah-langkah antisipatif dan bersiap siaga jika kemungkinan buruk terjadi.

BNPB juga membagikan ribuan masker kepada warga sekitar untuk meminimalisasi dampak negatif dari erupsi Gunung Raung setelah terjadi hujan abu vulkanik terjadi di delapan kecamatan di Kabupaten Banyuwangi yaitu Kecamatan Songgon, Sempu, Kalibaru, Rogojampi, Licin, Kalipuro, Wongsorejo, dan Glenmore.

Erupsi Gunung Raung termasuk tipe strombolian yang letusannya mengeluarkan lava cair tipis, tekanan gas yang sedang, dan mengeluarkan material padat, gas, serta cairan. Pada umumnya letusan ini tidak terlalu kuat dan bersifat terus menerus dan berlangsung lama.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles