spot_img

Catat! Ini 10 Imbauan Pemerintah untuk Pemudik, Cek Kelayakan hingga Kapasitas Kendaraan

JAKARTA – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, menyampaikan 10 imbauan dari pemerintah kepada masyarakat menjelang mudik Lebaran 2024.

Setelah menghadiri rapat koordinasi lintas sektor kesiapan Operasi Ketupat 2024 yang diselenggarakan oleh Polri di Jakarta Selatan, Senin (25/3/2024), Muhadjir memaparkan satu per satu imbauan tersebut.

Pertama, penting untuk memeriksa kelayakan kendaraan pribadi sebelum berangkat. Imbauan kedua adalah agar masyarakat yang akan mudik melapor kepada RT, RW, dan bhabinkamtibmas sebelum meninggalkan rumah.

Ketiga, pengemudi kendaraan harus dalam kondisi bugar dan cukup istirahat saat perjalanan. Keempat, pastikan bahan bakar minyak (BBM) mencukupi.

“Kelima, bagi pengguna jalan tol, jangan sampai kehabisan e-tol, pastikan saldo cukup,” katanya, dilansir dari Antara.

Keenam, muatan penumpang tidak boleh melebihi kapasitas kendaraan. Ketujuh, hindari berhenti atau parkir di bahu jalan tol karena dapat menyebabkan kecelakaan.

“Banyak sekali terjadi kecelakaan karena parkir di bahu jalan, diseruduk dari belakang. Oleh karena itu, mohon betul-betul diperhatikan,” kata Muhadjir.

Imbauan kedelapan, segera tinggalkan rest area setelah istirahat agar tidak terjadi kemacetan. Waktu di rest area sebaiknya maksimal 30 menit.

“Jangan berlama-lama di rest area karena yang akan masuk juga berdesak-desakan,” katanya.

Untuk kelancaran di rest area, Muhadjir menambah fasilitas utama terutama toilet wanita karena mereka biasanya memerlukan waktu lebih lama.

“Mudah-mudahan kasus yang terjadi tahun lalu, terjadi antrean yang panjang memasuki rest area, kemudian mengganggu jalan itu akan bisa dikurangi tahun ini,” katanya.

Imbauan kesembilan adalah menghindari mudik menggunakan sepeda motor dan memanfaatkan Program Mudik Gratis yang diselenggarakan oleh Pemerintah.

“Bagi pemudik motor dimohon dengan hormat, ikut mudik gratis,” katanya.

Sedangkan imbauan kesepuluh adalah untuk membeli tiket kapal secara online melalui aplikasi Ferizy.

“Kami putuskan tidak ada pelayanan pembelian tiket di luar online. Oleh karena itu, mohon dipastikan semua yang akan menyeberang segera membeli tiket online,” kata Muhadjir.

Pemerintah memperkirakan Lebaran 2024 jatuh pada tanggal 10 April dengan perkiraan 193 juta orang melakukan perjalanan mudik balik, dan puncak arus mudik diperkirakan terjadi mulai 5 hingga 8 April, serta arus balik mulai 13 hingga 16 April.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles