Cegah Karhutla, BMKG Modifikasi Cuaca Lima Provinsi

0
119
Ilustrasi persiapan modifikasi cuaca/ foto: CNN Indonesia

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengadakan operasi modifikasi cuaca serentak di lima provinsi untuk mengatasi potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyatakan dalam sebuah pernyataan di Jakarta, Rabu, bahwa operasi modifikasi cuaca ini aktif mulai dari 14 Juni hingga 15 Juli 2024, mencakup Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Adapun jadwal operasinya adalah: Riau (14 Juni-3 Juli 2024), Jambi (20 Juni-1 Juli 2024), Sumatera Selatan (3 Juli-12 Juli 2024), Kalimantan Barat (25 Juni-5 Juli 2024), dan Kalimantan Tengah (5 Juli-15 Juli 2024).

Fokus utama dari operasi ini adalah pembasahan lahan gambut dan lahan mineral sebagai langkah antisipasi/ mitigasi potensi bencana kebakaran menjelang musim kemarau.

Berdasarkan analisis tim meteorologi BMKG, musim kemarau diperkirakan melanda sebagian besar wilayah Indonesia dari dasarian II Juni hingga September 2024.

“Termasuk provinsi yang menjadi target rawan terjadi karhutla. Jangan sampai lahan gambut di sana kering dan terbakar oleh karenanya OMC bertujuan untuk mengurangi risiko dampak yang dapat mengganggu kehidupan masyarakat itu,” ujarnya.

Secara teknis, Pelaksana tugas (Plt.) Deputi Bidang Modifikasi Cuaca BMKG Tri Handoko Seto menjelaskan, hingga hari ini OMC di Riau telah melakukan lima sorti penyemaian dengan total 11 jam 35 menit menggunakan empat ton zat NaCI (garam).

Menurutnya, OMC penting agar lahan gambut yang mulai kering dapat dibasahi sebelum puncak musim kemarau yang lebih kering tiba.

Terlebih, berdasarkan pantauan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dalam dua hari terakhir telah terdeteksi 2-3 titik panas per hari.

“Demikian seterusnya, operasi ini diharapkan bisa menekan potensi lonjakan hotspot dan potensi luasan area gambut yang terbakar jangan sampai berdampak pada masyarakat dan lingkungan,” tuturnya.

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here