spot_img

DD Jatim Jaga Kesehatan Hewan Kurban, Lakukan Vaksinasi Gandeng Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Madiun

MADIUN, JAWA TIMUR– – Mempersiapkan hewan kurban pada tahun ini, Dompet Dhuafa melakukan pencegahan ragam penyakit hewan dengan memvaksinasi ratusan domba di DD Farm, Madiun, Jawa Timur.

“Bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Madiun, melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan kami melakukan pengecekan kesehatan untuk ratusan domba dalam upaya pencegahan penyakit terutama kuku dan mulut seperti yang merabak pada tahun lalu.

Hal ini juga menjaga konsinten kami dalam mutu, kualitas dan standarisasi hewan yang akan dikurbankan nanti, sehingga masyarakat tidak perlu ragu membeli dan mendapatkan hewan kurban dari Dompet Dhuafa khususnya di wilayah Madiun dan Sekitarnya”, ujar Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Timur, Risky Adib melalui pesan singkat pada Sabtu, (27/04).

DD Farm Madiun, berlokasi di Jl. Mangga, RT 06 RW 02, Desa Jatisari, Kecamatan Geger Kabupaten Madiun, merupakan salah satu peternakan domba yang ada di Madiun yang dikelola oleh Dompet Dhuafa. Jumlah domba yang ada di DD Farm yaitu 400 ekor, semua domba yang ada di DD Farm itu jantan dikarenakan hanya fokus untuk fatening (Penggemukan).

Pada Kamis, 25 April 2024, DD Farm mendapatkan vaksinasi oleh Pemerintah Kabupaten Madiun Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan dalam rangka pengendalian dan penanggulangan penyakit mulut dan kuku (PMK) di Jawa Timur tahun 2024. Petugas atau tim pelaksana menyuntikkan vaksinasi ke semua domba untuk menjaga kesehatan domba yang di beli donatur sehat dan tersampaikan kepada masyarakat.

“vaksinasi rutin dari dinas ini yang kedua kalinya, harapannya domba bebas dari penyakit dan sehat pada saat panen nanti, selain vaksinasi kita dari peternak juga rutin memberikan vitamin” ujar Benny selaku Kepala Kandang DD Farm.

Saat ini Dompet Dhuafa Jawa Timur memiliki peternakan yang tersebar di Madiun, Mojokerto, Situbondo, Tulungagung, Jember, Gresik, Kediri, Tuban, dan Bojonegoro. Sebagiannya merupakan program kolaborasi dengan Briliant Farm yang fokus pada proses breeding atau pembiakan. Sedangkan peternakan DD Farm fokus pada penggemukan yang memang dipersiapkan untuk program Tebar Hewan Kurban (THK).

spot_img
Bambang Purnama
Bambang Purnama
Redaktur Pelaksana kbknews.id & Majalah Swara Cinta

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles