DD Sulsel Salurkan Bantuan Sembako Untuk Meringankan Beban Supir Pete-Pete

MAKASSAR – Perkembangan teknologi membuat kebiasaan masyarakat berubah, termasuk dalam menggunakan jasa transportasi. Angkutan kota atau pete-pete yang biasanya banjir peminat, kini mulai sepi akibat beralihnya masyarakat ke transportasi daring.

Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) akibat pandemi Covid juga berpengaruh signifikan terhadap jumlah penumpang pete-pete, sehingga berdampak pada ekonomi sopir pete-pete.

Ditambah dengan jam operasional tidak menentu, membuat para supir pete-pete mendapatkan sedikit penghasilan. Belum lagi dikarenakan sistem pete-pete masih mengandalkan cara tradisi seperti ngetem atau menunggu giliran untuk pergi membuat angkutan kota ini semakin tertinggal.

Dalam sehari biasanya para supir pete-pete hanya mendapatkan penumpang di bawah 50 orang yang hasilnya hanya untuk mencukup setoran dan bahan bakar. Karena tidak ada pilihan, para supir pete-pete mencoba terus bertahan di tengah sepinya penumpang.

Melihat kondisi ini, Dompet Dhuafa menyalurkan kebutuhan untuk para supir pete-pete di Makassar hasil donasi sedekah dari donatur Dompet Dhuafa Sulsel.

Donasi yang diberikan berupa bahan pokok sembako sebagai bentuk untuk mengurangi beban para supir pete-pete untuk memenuhi kebutuhan dapur keluarganya juga demi menunjang kebutuhan gizi yang cukup.

Bantuan 20 sembako untuk supir pete-pete tersebut disalurkan di 10 titik lokasi ngetem pete-pete di Makassar melalui bantuan para relawan Dompet Dhuafa Sulsel dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, Senin (21/02/2022).

Para supir pete-pete dalam hal ini penerima manfaat DD Sulsel terlihat begitu terharu ketika disambangi tim DD Sulsel untuk menyalurkan bantuan. Salah satu penerima manfaat, Arifuddin mengaku sangat senang secara tiba-tiba DD Sulsel datang memberikannya bantuan sembako.

“Saya kaget, rasanya seperti dapat rezeki tidak diduga karena tiba-tiba Dompet Dhuafa datang memberikan saya bantuan. Ini saya juga mau ucapkan terima kasih sudah dipedulikan, memang kondisi lagi sulit ini tiba-tiba ada bantuan rasanya senang sekali. Terima kasih Dompet Dhuafa” tuturnya.

Di tengah lonjakan Covid yang terus meningkat, Dompet Dhuafa akan terus berkomitmen membantu para lapisan masyarakat yang terdampak.