spot_img

DMC Dompet Dhuafa dan DD Waspada Turunkan Tim ke Lokasi Gempa Tapanuli Utara

TAPANULI UTARA – Dompet Dhuafa Waspada (DD Waspada) dan Disaster Management Center (DMC) mengerahkan tim respons guna percepatan penanganan awal tanggap darurat gempa bumi M 6,0 di Tapanuli Utara  pada Minggu dini hari (02/10/2022).

“Kami bersama Dompet Dhuafa Cabang Medan, Sumatera Utara telah mengerahkan tim guna bantu asesmen data kerusakan dan warga terdampak,” jelas Haryo Mojopahit selaku Chief Executive DMC Dompet Dhuafa, dikutip dari dmcdompetdhuafa.org.

Salah satu tim DD Waspada mengatakan, jika tim respon menuju desa yang mengalami kerusakan cukup parah yakni di wilayah Kecamatan Sipoholon,”jelas salah satu tim DD Waspada.

Laporan visual sementara yang diterima Pusat Pengandali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), beberapa warga yang mengalami luka di bagian kepala dan sudah mendapatkan perawatan yang intensif.

Adapun kerusakan maupun keseluruhan korban luka dan lainnya masih dalam proses pendataan lebih lanjut oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), DD Waspada-DMC Dompet Dhuafa dan lintas instansi terkait.

Berdasarkan laporan yang DMC Dompet Dhuafa terima dari jejaring penanggulangan bencana, terdapat longsor di beberapa titik namun hingga saat ini kendaraan roda 2 masih bisa melewati. Informasi dan data tidak didapatkan secara cepat karena di beberapa lokasi jaringan listrik yang terputus sementara, dan alur komunikasi terhambat.

Aliran listrik putus, dan di beberapa lokasi butuh listrik untuk menggerakkan pompa air (tidak ada PDAM).

Sebagian warga asal Desa Huta Tinggi mengungsi di tenda darurat di pekarangan rumah, tidak tersentral. Jumlah penduduk sekitar 750 KK.

Saat ini DD Waspada dan DMC Dompet Dhuafa telah mendata kerusakan rumah di Kecamatan Pagaranyang terdiri dari tingkat kerusakan ringan (28 unit rumah), sedang (19 unit), dan berat (26 unit). Jalan sepanjang 500 meter mengalami rusak berat, satu (1) jembatan rusak berat, tiga (3) irigasi rusak berat, 40 tanggul/TPT rusak berat, 14 unit gereja rusak, tujuh (7) sekolah/gedung pemerintah rusak, sembilan (9) unit tempat penampungan air minum rusak ringan, dan tiga (3) jiwa dirawat di rumah.

Sebagai bentuk antisipasi masyarakat terhadap potensi dan ancaman bencana yang dapat ditimbulkan oleh gempabumi, masyarakat tidak perlu panik namun tetap meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap potensi gempabumi susulan.

DD Waspada dan DMC Dompet Dhuafa mengimbau keikutsertaan masyarakat guna membantu percepatan penanganan terdampak gempa bumi. Masyarakat juga bisa turut membantu percepatan penanganan terdampak gempa bumi Tapanuli Utara melalui laman Indonesia Siap Siaga di https://donasi.dompetdhuafa.org/indonesiasiapsiaga/ atau menghubungi call center DMC Dompet Dhuafa di nomor 08116116916.

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles