spot_img

Dompet Dhuafa Cek Kesiapan Peternak Domba Dalam Mensukseskan Tebar Hewan Kurban 1445 Hijriah

Serang, Banten – Tim Dompet Dhuafa Pusat bersama dengan jurnalis dari berbagai media menyambangi kandang salah satu peternak plasma binaan Dompet Dhuafa Banten. Dalam kunjungannya kali ini, tim Dompet Dhuafa mengecek kesiapan serapan hewan domba yang akan dikurbankan dalam program Tebar Hewan Kurban (THK) 1445 H.

Iwan salah satu peternak yang disambangi di kandangnya pada Kamis (06/06/2024), memperlihatkan domba-domba yang digemukan dikandangnya. Iwan tidak sendirian, Ia dibantu oleh 6 orang lainnya untuk merawat domba-domba tersebut.

Dengan Lebar kandang sekitar 20 x 5 meter, Iwan menggemukan sekitar 74 domba dari kapasitas kandang sekitar 120 ekor domba. Saat pengecekan berlangsung Iwan menuturkan sejumlah hal mengapa Ia mau menjadi peternak plasma binaan Dompet Dhuafa Banten.

“Awalnya saya ternak domba dibina oleh Yayasan Umar Ustman, sekitar 2 tahun lalu. Lalu kemudian saya tertarik gabung untuk program THK, langsung dibawah naungan Yayasan Dompet Dhuafa Republika. Saya mau gabung karena sistemnya jelas ada gaji, jadi ya tiap bulan ada penghasilanlah. Selain buat saya, bisa gaji buat 6 orang lainnya yang bantu-bantu disini, jadi bisa ngurangin pengangguran di desa ini” tutur Iwan saat ditemui sejumlah awak media dikandangnya, di Desa Cidahu, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Serang Banten.

Persyaratan yang cukup ketat menjadi tantangan bagi Iwan saat bergabung menjadi peternak plasma Dompet Dhuafa. 2 kali tahap quality control yang diterapkan oleh Dompet Dhuafa menjadikan hewan ternak dombanya tidak terserap seluruhnya, karena hanya 50 % domba-dombanya yang lolos quality control.

Ia pun tidak mempermasalahkan hal ini, karena memang ini menjadi bukti bahwa Dompet Dhuafa berkomitmen menjaga kualitas hewan kurban yang dibeli oleh pengkurban melalui Dompet Dhuafa.

 

spot_img
Bambang Purnama
Bambang Purnama
Redaktur Pelaksana kbknews.id & Majalah Swara Cinta

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles