spot_img

Dompet Dhuafa Dorong Budidaya Jamur di Batang Guna Pemberdayaan Ekonomi

BATANG – Dompet Dhuafa mengambil langkah inovatif dalam mempromosikan budidaya jamur di Desa Lebo, Kecamatan Warung Asem, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Program ini bertujuan untuk memberikan sumber penghasilan yang berkelanjutan kepada masyarakat sekaligus mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di wilayah tersebut. Dengan bantuan dan pendampingan dari Dompet Dhuafa, para petani dan masyarakat sekitar kini dapat mengembangkan usaha budidaya jamur dengan potensi keuntungan yang menjanjikan.

Penerima manfaat bersama pendamping Dompet DhuafaSeperti dikatakan oleh pendamping dari Dompet Dhuafa ke penerima manfaat, Dila bahwasanya sejak 2019, sentra jamur Batang ini sudah dibuat, pernah merugi di awal namun akhirnya bisa menjadi sumber penghasilan bagi penerima manfaat.

“Awal 2019 kami juga mengalami kegagalan dan itu tidak terjual berapa kuintal namun kita belajar dimana kita siapkan pasarnya baru berjalan,” ucap Dila.

Lebih lanjut dikatakan Dila, Ibu-ibu yang membantu disini kita ambil dari desa dan dari kaum dhuafa.

“Modal pemberdayaannya kami menggaji per bulan, dan panen jamur dilakukan setiap pagi sore, selain itu untuk pemasaran kami jual ke pedagang yang datang ke kami dan kami juga pasok di resto-resto,” sambung Dila.

Jamur Tiram (pleurotus ostreatus) adalah jamur pangan yang umumnya berwarna putih dapat dibudidayakan dan telah dikenal di masyarakat. Jamur ini merupakan jenis jamur kayu yang bisa di budidayakan melalui media tanam atau disebut baglog dan mampu tumbuh diberbagai jenis kayu sebagai bahan utama dalam pembuatan baglog.

Salah satu sumber daya alam hayati yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan adalah jamur tiram. Jamur tiram adalah salah satu jamur pangan dengan jenis jamur yang biasa dijadikan bahan makanan, bisa berupa produk hasil budi daya atau panen dari alam dan memiliki cita rasa yang enak.

Penerima manfaat, Ana yang juga bertugas memetik jamur, mengatakan sangat terbantu dengan adanya sentra jamur.

“Sangat membantu untuk bantu suami, dan untuk dapur, setidaknya bisa sangu anak saya,” ucapnya.

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles