spot_img

Dukung Peternak Tradisional, Dompet Dhuafa Sumsel Hadirkan Program Akademi DD Farm

Banyuasin – Program Akademi DD Farm adalah inisiatif pelatihan yang ditujukan kepada peternak tradisional di kabupaten Banyuasin. Pelatihan ini melibatkan kolaborasi Dompet Dhuafa Sumsel dengan Dinas Perkebunan dan Peternakan Banyuasin, BPTU HPT Sembawa, SMK PPN Sembawa, dan UMKM Catering.

Acara pelatihan dibuka oleh Assisten 2 Bupati Banyuasin, Noor Yosep Zaath, yang mewakili PJ Bupati yang tidak bisa hadir.

Turut hadir Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Banyuasin, Edil Fitri, SP., M.Si, bersama tim pemateri dan pendamping peternak dari Kabupaten Banyuasin.

Tim dari Balai Pembibitan Ternak Unggul HPT Sembawa, tim dari SMK PPN Sembawa yang diwakili oleh Yudi Astoni, dan dari Pengusaha Catering Nurul Aqiqah Palembang juga turut hadir.

Pelatihan dihadiri oleh 50 peserta, yang terdiri dari peternak kambing, domba, dan sapi di daerah Banyuasin.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh asisten 2, Noor Yosep Zaath, PJ Bupati Banyuasin mengapresiasi program pelatihan ini serta mengingatkan akan peran DD Farm sebagai sentra ternak Dompet Dhuafa Sumsel di Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin.

Peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini dan bertanya terkait materi yang disampaikan oleh narasumber.

Materi pelatihan meliputi diskusi tentang potensi peternakan di Banyuasin, peran dinas dalam mendukung peternak tradisional, manajemen kesehatan ternak, manajemen kandang, tips pemilihan bibit unggul, pembuatan pakan silase, dan analisis usaha peternakan kambing dan domba untuk usaha catering aqiqah kurban.

Ahmad Rais, PIC Program Kemitraan dan Ekonomi Peternakan Dompet Dhuafa Sumsel menjelaskan bahwa pelatihan ini sebagai upaya dan dukungan Dompet Dhuafa kepada peternak tradisional di Banyuasin.

“Serta, menjadi peluang kolaborasi kepada para peternak tradisional dalam penyaluran THK 1445 H dengan menyerap hewan ternak dari para peternak yang ada di Banyuasin, khususnya yang menjadi peserta dalam program pelatihan ini,” tuturnya.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles