Fukuda : Virus MERS Suatu Saat Bisa Menulari Masyarakat Luas

0
75

JENEWA – Asisten Direktur Keamanan Kesehatan, World Health Organization (WHO) Keiji Fukuda mengatakan kepada wartawan, Rabu (17/6/2015), meskipun wabah MERS di Korea Selatan hanya menyebar di sekitar rumah
sakit, Fukuda mengingatkan ke depan virus ini bisa menyebar di
masyarakat luas.

Dia juga menyatakan, wabah MERS di Korea Selatan merupakan wabah terbesar yang terjadi di luar Timur Tengah. Saat ini sudah ditemukan 153 kasus infeksi dan 19 orang tewas.  Sekitar 10.000 orang telah diperiksa sejak awal wabah merebak, saat ini 6.500 orang sedang dipantau lebih khusus untuk mencegah terjadi infeksi.

“Kita belum melihat bukti virus ini menyebabkan transmisi berkelanjutan,” kata Fukuda seperti dikutip dari Xinhua..

Fukuda juga belum dapat memastikan karena masih ada perbedaan pendapat bagaimana sebenarnya virus ini menular dari orang ke orang. Untuk ini ia menyerukan untuk melakukan penelitian mendalam sembari memperketat pengawasan dan pemantauan.

Virus MERS pertama kali diidentifikasi pada tahun 2012 di Arab Saudi, MERS memiliki tingkat kematian sampai 36 persen, virus menyebabkan penyakit yang lebih parah pada orang tua, dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Virus dapat juga memicu penyakit kronis lain seperti kanker, penyakit paru-paru dan diabetes.

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here