spot_img

G20 Sepakat Kerja Sama Atasi Krisis Pengungsi

TIONGKOK – Hasil dari pertemuan kelompok negara-negara 20 (G20) di Hangzhou, Tiongkok menyepakati untuk mengatasi krisis pengungsi dari berbagai negara dengan tujuan ke berbagai wilayah lainnya.

Antara melaporkan hasil komunike pemimpin negara G20, yang diterima pada Senin (5/9/2016) malam, “Kita sedang menghadapi arus pengungsi yang cukup besar, lebih besar pasca perang dunia kedua, terutama arus pengungsi akibat konflik. Ini merupakan keprihatinan global yang harus diatasi bersama-sama.”

Dalam hal ini, para pemimpin negara-negara G20 mengajak seluruh anggotanya untuk memperkuat kerja sama bantuan kemanusiaan bagi pemukiman para pengungsi. Selain itu, G20 juga mengajak seluruh negara baik secara mandiri maupun kolektif untuk bersama-sama dengan lembaga internasional lainnya, memberikan bantuan kepada negara yang terdampak krisis pengungsi.

“G20 mengajak semua negara dan pihak terkait untuk merumuskan solusi jangka panjang, terutama bagi krisis pengungsi yang berlarut-larut,” kata komunike tersebut.

Tidak lupa, G20 juga menyampaikan pujiannya kepada semua pihak yang telah berupaya menyelesaikan krisis pengungsi tersebut dan meminta Bank Dunia serta seluruh organisasi internasional lainnya, serta pemangku kepentingan global lainnya untuk merumuskan landasan bersama bagi penyelesaian jangka panjang bagi krisis pengungsi.

“Landasan bersama penyelesaian masalah pengungsi tersebut termasuk dukungan bagi para pengungsi dan negara asal pengungsi. G20 akan terus mendorong upaya nyata penyelesaian masalah pengungsi dan persoalan migrasi pada 2017,” disebutkan komunike.

Saat ini pemulihan ekonomi yang dihadapi G20 terfokus pada krisis pengungsi yang menjadi tantangan bagi negara anggota.

Diketahui, krisis pengungsi telah menjadi debat hangat di parlemen di Berlin, Athena, Paris, London atau juga Brussel. Sementera Uni Eropa masih berkutat pada perdebatan aturan kuota serta tindakan darurat.

Para pakar keamanan dan migrasi meramalkan, jumlah pengungsi yang berusaha masuk ke Eropa akan terus bertambah, dan mencatat rekor baru. Tahun 2014 silam tercatat 625.000 pengungsi mendarat di Eropa, dan semester pertama 2015 sudah mencatat jumlah yang sama dan arus pengungsi, selama krisis di negara asal tidak terpecahkan, masih tetap datang tak terbendung ke Eropa.

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles