spot_img

Gaji Guru Honor Grobogan Bakal Naik Rp200 Ribu

GROBOGAN – Kabar gembira bagi guru honorer di Grobogan, pasalnya mulai September 2016 ini, gaji guru honor bakal dinaikkan Rp200 ribu.

Hal itu disampaikan Bupati Grobogan Sri Sumarni saat menghadiri acara halal bi halal bersama para guru di Gor Simpang Lima Purwodadi, Rabu (20/07/2016).

Ia berjanji akan menaikkan gaji guru honorer kategori 2 (K2) di daerahnya mulai September 2016 sebesar Rp 200 ribu perbulan. Selama ini gaji yang diterima guru honorer K2 hanya Rp 300 ribu.

“Kami mohon maaf jika kenaikannya hanya sedikit dan belum sesuai hUMK Grobogan,” katanya

Menurutnya, kecilnya kenaikan gaji guru honorer K2 tersebut disebabkan terbatasnya anggaran yang dimiliki pemkab. Meski begitu, ia berharap bisa membantu kesejahteraan dan menjadikan para guru lebih semangat dalam melaksanakan tugasnya.

“Kami akan mengupayakan pada tahun anggaran 2017 nanti gaji honorer guru K2 bisa naik lagi. Paling tidak bisa menjadi Rp 600 ribu hingga Rp 750 ribu perbulan. Saya sudah minta kepada Kepala Dinas Pendidikan untuk menghitung jumlah anggaran yang diperlukan nantinya,” ungkapnya.

Disebutkan, jumlah guru honorer K2 di Grobogan saat ini cukup banyak. Yakni, ada 1.172 orang. Sebagian besar guru ini mengajari SD. Sebab, guru SD yang bersatus PNS rata-rata hanya ada dua hingga tiga orang di setiap sekolahnya.

Seperti diberitakan KRJogja, para guru honorer K2 dinilai sudah berjasa besar dalam memajukan pendidikan di Grobogan. Kebanyakan guru tersebut sudah mengabdi lama, bahkan ada yang lebih dari 20 tahun

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles