spot_img

Gunung Ruang Naik Status Dari Siaga Menjadi Awas

Sitaro, Sulut – Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Hendra Gunawan menaikan status Gunung Ruang dari Level III Siaga menjadi Level IV Awas pada, Selasa (30/4/2024).

“Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental yang menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik pada Gunung Ruang, maka tingkat aktivitas Gunung Ruang dinaikkan dari Level III Siaga menjadi Level IV Awas terhitung mulai tanggal 30 April 2024 pukul 01.30 Wita,” ujar Hendra Gunawan.

Kemudian Pagi ini, pada pukul 08.30 WITA, Gunung Ruang kembali erupsi dan menyemburkan awan panas. Ketinggian asap tebal membumbung hingga 5000 meter diatas Kawah Gunung Ruang.

tingkat aktivitas Gunung Ruang Level IV Awas, PVMBG mengeluarkan sejumlah rekomendasi. Masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung atau wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 6 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

Selanjutnya, masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan tsunami akibat material erupsi yang masuk ke laut atau runtuhnya tubuh gunung ke dalam laut.
Tingkat aktivitas Gunung Ruang akan dievaluasi kembali secara berkala maupun jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan. Tingkat aktivitas dianggap tetap jika evaluasi berikutnya belum diterbitkan.

 

spot_img
Bambang Purnama
Bambang Purnama
Redaktur Pelaksana kbknews.id & Majalah Swara Cinta

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles