Hilangkan Trauma Gempa Lombok, Dompet Dhuafa Terjunkan Psikolog

0
151

JAKARTA – Respon gempa Lombok NTB, Dompet Dhuafa terjunkan psikolog. Hadirnya psikolog di lokasi bencana merupakan upaya Dompet Dhuafa mengurangi rasa trauma terutama korban dari kalangan anak-anak. Psikolog tersebut diterjunkan di wilayah Dusun Lebah Dayah, Sembalun Lawang, Lombok Timur.

Psikolog selaku Koordinator Psycological dari Dompet Dhuafa Maya Sita Darlina, Spsi mengatakan dengan pemulihan psikologis diharapkan kondisi kejiwaan anak-anak tak terus diliputi rasa trauma akibat gempa.

Maya menambahkan tim berfokus pada pertolongan pertama psikologi dan beberapa pendekatan untuk stabilisasi psikis korban. Untuk proses selanjutnya tim akan melibatkan warga lokal dengan pola kaderisasi.

“Kami akan mengedukasi warga lokal untuk bisa mendampingi pelaksanaan program ini saat dibutuhkan di waktu selanjutnya ke dalam berbagai program healing seperti berlatih relaksasi dll.” ujar Maya.

Ada pun metode pemulihan psikologis dilakukan dengan cara berkemah, bernyanyi, bermain game, dongeng ceria dan membagikan makanan ringan kepada anak-anak. Khusus untuk korban dewasa akan dilakukan screening singkat melalui berbagai metode seperti interview dan observasi. Semebtara itu, sebagai bentuk respon lanjutan Dompet Dhuafa juga mengirim mobil dapur keliling (darling).

Advertisement div class="td-visible-desktop">