spot_img

Imbas Erupsi Gunung Ruang, 7 Bandara Ditutup Sementara

JAKARTA – Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia atau AirNav Indonesia mengeluarkan pemberitahuan kepada para pilot atau yang dikenal sebagai Notice to Airmen (NOTAM) mengenai penutupan sementara tujuh bandara di sekitar wilayah Sulawesi.

Langkah itu diambil sehubungan adanya erupsi Gunung Ruang pada Selasa (30/4/2024), pukul 01.30 WITA, dengan tinggi letusan teramati kurang lebih 2.000 meter dan menyebar ke arah utara.

Diperkirakan, sebanyak 50 penerbangan, termasuk 25 keberangkatan dan 25 kedatangan, serta sekitar 3.842 penumpang terdampak oleh penutupan ini.

“Dihimpun dari data sementara, terdapat total 50 penerbangan yang terdampak di tujuh bandara tersebut, yaitu 25 keberangkatan dan 25 kedatangan, dengan jumlah penumpang sekitar 3.842 pax,” kata Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia, Hermana Soegijantoro dalam keterangannya, Rabu (1/5/2024).

Bandara yang terdampak antara lain Bandara Gorontalo (WAMG), Bandara Siau/Sitaro (WAMO), Bandara Bolaang Mongondow (WAMI), Bandara Tahuna/Naha (WAMH), Bandara Pohuwato (WAFZ), Bandara Sam Ratulangi Manado (WAMM), dan Bandara Pogogul (WAFY).

“AirNav Indonesia akan terus memonitor dan bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait untuk informasi ter-update dan dampak erupsi Gunung Ruang untuk keselamatan dan keamanan penerbangan,” tutur Hermana.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles