spot_img

Jalan Nasional Perbatasan RI-Malaysia di Kapuas Hulu Diterjang Longsor

BATANG LUPAR – Longsor menerjang ruas jalan nasional di Bukit Genting Lanjak, Kecamatan Batang Lupar, perbatasan Indonesia-Malaysia, di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar).

Pejabat Pembuatan Komitmen (PPK) Kementerian PUPR Sri Bintang Pamungkas mengatakan longsor tersebut merupakanlongsor susulan yang terjadi di dua lokasi di Genting Lanjak.

Bintang mengatakan longsor susulan tersebut diperkirakan terjadi pada Senin malam (15/4) pada dua lokasi berbeda di sekitaran Bukit Genting Lanjak. Atas kejadian tersebut, pihaknya masih terus berupaya menangani material tanah longsor.

“Yang kecil-kecil sedang kami tangani, kami terkendala alat berat mogok sedang dalam perbaikan, diperkirakan siang ini alat berat sudah bisa digunakan kembali,” ujarnya.

Diketahui, sebelumnya juga terjadi tanah longsor di Genting Lanjak pada Kamis (11/4), dimana ruas jalan sempat tidak bisa dilalui kendaraan akibat tumpukan material tanah longsor.

Sejak longsor pertama, petugas dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan normalisasi akses jalan selama empat hari, hingga akses jalan bisa dilalui satu jalur, akan tetapi tanah longsor kembali terjadi dan hingga saat ini masih dilakukan penanganan.

Sementara itu Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu Gunawan mengimbau agar masyarakat di sekitar lokasi tanah longsor selalu waspada karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan akibat intensitas hujan.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles