spot_img

Dua Aktivitas Siklon Tropis Picu Hujan Lebat di Kota Besar, Waspada Banjir Rob!

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan bahwa adanya siklon tropis di utara Papua Barat dan sebelah barat Bengkulu memengaruhi cuaca di sebagian besar kota besar di Indonesia.

Menurut Nurul Izzah Fitria, prakirawan dari BMKG, angin di wilayah Indonesia umumnya bertiup dari arah timur laut hingga timur dengan kecepatan antara 10 hingga 50 kilometer per jam.

Dia menjelaskan bahwa sirkulasi siklonik di Samudra Pasifik bagian utara Papua Barat dan Samudra Hindia bagian barat Bengkulu membentuk daerah konvergensi yang memanjang di Samudra Pasifik di utara Papua, dari Pegunungan Papua hingga Papua.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah sirkulasi siklonik konvergensi dan konfluensi tersebut,” kata Nurul, dilansir dari Antara.

Dia juga menyampaikan prakiraan cuaca di Pulau Sumatra hari ini, dengan potensi hujan petir di Medan, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Padang, Pangkal Pinang, dan Bengkulu. Sementara itu, Banda Aceh, Bandar Lampung, Jambi, dan Palembang berpotensi hujan ringan hingga sedang.

Di Pulau Jawa, cuaca diprakirakan hujan ringan hingga sedang di Serang, Semarang, Surabaya, dan Bandung. Jakarta dan Yogyakarta berpotensi langit berawan. Di Kepulauan Sunda Kecil, Denpasar dan Mataram berpotensi hujan ringan dan sedang, sementara Kupang berawan.

Prakiraan cuaca yang beragam terjadi di Pulau Kalimantan, dengan potensi hujan ringan hingga sedang di Samarinda, Banjarmasin, dan Palangka Raya, hujan petir di Pontianak, dan cuaca berawan di Tanjung Selor.

Di Pulau Sulawesi, Gorontalo dan Manado berpotensi langit berawan, Palu, Makassar, dan Kendari berpotensi hujan ringan, dan Mamuju berpotensi hujan lebat.

Nurul mengatakan bahwa cuaca di wilayah timur Indonesia cukup kondusif, dengan langit berawan di Ternate, hujan ringan di Manokwari dan Jayapura, serta hujan sedang di Ambon.

“Namun, perlu diwaspadai adanya potensi banjir rob di pesisir utara Jawa Tengah,” kata Nurul.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles