spot_img

Jarang Diketahui, Duduk Bersila Ternyata Punya Banyak Manfaat

JAKARTA – Duduk bersila adalah posisi duduk dengan menyilangkan kedua kaki di bawah tubuh dan menjaga punggung tetap lurus. Duduk bersila memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, seperti meningkatkan mobilitas, kelenturan, dan melatih otot perut.

“Dari sudut pandang manfaat kesehatan atau kondisi muskuloskeletal, postur duduk bersila benar-benar membantu kita dengan rentang gerak pinggul, punggung bawah, dan lutut,” kata asisten profesor di departemen terapi fisik di Universitas Pittsburgh, Dr. Christopher Bise, seperti diberitakan New York Post.

Dr. Jennifer O’Connell, ahli fisioterapi di Rumah Sakit Bedah Khusus di New York, menyatakan bahwa duduk di lantai membuat paha belakang lebih rileks, berbeda dengan duduk di kursi yang bisa membuat paha belakang menjadi tegang.

Duduk bersila di lantai juga bermanfaat bagi otot perut karena posisi ini memaksa seseorang menggunakan otot perut untuk menopang punggung. Berdiri dari posisi duduk di lantai juga mengaktifkan otot-otot tubuh lebih banyak.

“Tindakan bangkit dari posisi itu saja sudah bermanfaat bagi seluruh tubuh Anda. Anda melatih pinggul, lutut, seluruh rantai bawah, dan perut Anda untuk bangkit,” kata O’Connell.

Para ahli juga menyatakan bahwa orang lanjut usia dapat mengambil manfaat dari duduk di lantai. Kemampuan untuk duduk dan bangkit dari posisi duduk mengurangi risiko jatuh dan meningkatkan kemampuan untuk bangkit kembali jika terjatuh.

Namun, posisi bersila tidak harus selalu di lantai untuk meningkatkan kelenturan.

“Ingatlah bahwa posisi ini tidak harus selalu di lantai. Anda bisa duduk di sofa dengan posisi duduk bersila, atau Anda bisa menggunakan posisi duduk berbeda di sofa yang juga akan meningkatkan rentang gerak Anda,” kata Bise.

Meskipun duduk bersila bermanfaat untuk otot tubuh, duduk sepanjang hari tidak berarti akan meningkatkan kesehatan. Seseorang tetap perlu bergerak setiap 60 menit sekali setelah duduk untuk memperbaiki postur tubuh, dengan gerakan sederhana.

Perlu diingat bahwa duduk di lantai mungkin tidak cocok bagi orang dengan masalah persendian atau yang sedang dalam masa pemulihan pasca operasi tertentu.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles