spot_img

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan

JAKARTA – Daun salam, bahan penyedap masakan Asia yang terkenal, telah lama diyakini memiliki manfaat kesehatan seperti mengatasi gangguan pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol. Selain menambah rasa pada makanan, daun salam juga memiliki antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Menurut laman Hindustan Times pada Selasa (22/1/2024), daun salam memiliki sifat antiinflamasi, antidiare, dan antidiabetes, serta mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Apurva Agarwal, seorang ahli gizi asal India, menjelaskan bahwa daun salam berkontribusi pada pengaturan kadar kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan karena mengandung asam caffeic.

Daun salam juga telah terbukti bermanfaat dalam mengobati masalah perut, meredakan sindrom iritasi usus besar, dan memperlancar pencernaan.

Selain digunakan sebagai bumbu rempah dalam masakan seperti kari atau sup, daun salam telah lama digunakan untuk mengatasi gangguan pernapasan, membantu meredakan bronkitis, dan asma.

Antioksidan yang terdapat dalam daun salam membantu melawan radikal bebas, mengurangi risiko penyakit kronis, dan melindungi sel-sel tubuh dari stres oksidatif, secara keseluruhan meningkatkan kesehatan.

Agarwal membagikan cara mengonsumsi daun salam, seperti menambahkannya sebelum memasak nasi atau makanan gandum, atau mencampurkannya dengan bumbu lain untuk membuat campuran yang enak.

Untuk teh herbal yang menenangkan, dapat digunakan daun salam kering dengan cara menyeduhnya dalam air panas untuk mendapatkan manfaat menenangkan dan aroma harumnya.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles