spot_img

Jemaah Haji Rentan Terserang ISPA, Perdokhi Ingatkan Pentingnya Vaksinasi

JAKARTA – Pengurus Pusat Perhimpunan Kedokteran Haji Indonesia (PP Perdokhi) memperingatkan jemaah haji tentang risiko penularan Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), selain meningitis dan dehidrasi.

Ketua Umum PP Perdokhi, Dr. dr. Syarief Hasan Lutfie, Sp.K.F.R, MARS, AIFO-K, menjelaskan bahwa ISPA dan pneumonia merupakan penyakit yang sering dijumpai pada jemaah haji Indonesia selama ibadah haji di Arab Saudi pada 2023.

Selain meningitis, pneumonia, dan influenza juga perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan infeksi saluran napas.

“Ketika flu menyerang orang dengan usia senior dan memiliki penyakit komorbid, dapat berisiko berat. ISPA dan pneumonia pun masih menjadi penyakit terbanyak yang ditemui pada jemaah haji Indonesia selama penyelenggaraan kesehatan haji di Arab Saudi pada Tahun 2023,” kata Syarief.

Syarief menegaskan pentingnya melakukan vaksinasi sebelum berangkat untuk memberikan perlindungan diri saat berinteraksi dengan jemaah dari negara lain di Arab Saudi.

Selama beberapa tahun terakhir, infeksi saluran napas menjadi penyakit paling umum di antara jemaah Indonesia selama ibadah haji di Arab Saudi.

Studi di Arab Saudi menunjukkan sekitar 60 persen jemaah yang berkonsultasi di Klinik Primer Mina datang dengan keluhan infeksi saluran napas atas.

Sayangnya, kata dia, banyak jemaah yang mengabaikan gejala ISPA dan tidak melakukan tindakan pencegahan. Sehingga, berisiko terkena pneumonia.

“Jemaah yang dirawat inap di rumah sakit hampir 40 persen disebabkan pneumonia. Sementara jemaah yang dirawat masuk ke ICU sebesar 67 persen disebabkan infeksi saluran napas,” katanya.

Studi menunjukkan bahwa sekitar 56 persen dari jemaah dengan ISPA disebabkan oleh virus influenza.

“Inilah pentingnya jemaah membutuhkan vaksin influenza untuk memberikan proteksi diri selama menunaikan ibadah umrah,” ujar Syarief.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles