spot_img

Kasus HIV di Sulut Bertambah

MANADO – Pengidap “Human Immunodeficiency Virus/ acquired immune deficiency syndrome” (HIV/AIDS) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bertambah 19 orang menjadi 1.706 kasus pada Desember 2014.

“Angka pengidap HIV atau AIDS pada bulan November sebanyak 1.687 kasus. Sebanyak empat orang mengidap HIV, sementara sisanya 15 orang adalah AIDS,” kata Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi (KPAP) dr Tangel-Kairupan di Manado, Kamis (4/6/2015).

Temuan kasus berasal dari Kabupaten Minahasa, Kota Tomohon dan Kota Kotamobagu masing-masing sebanyak dua orang, sementara Ternate, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Minahasa Tenggara, serta Kota Bitung masing-masing satu orang.

Bila dirinci menurut jenis kelamin, lanjut dia, laki-laki pengidap HIV/AIDS sebanyak 1.012 orang (275 kasus HIV, 737 kasus AIDS), sisanya perempuan pengidap mencapai 694 orang (307 kasus HIV, 387 kasus AIDS).

“Laki-laki dan perempuan pengidap HIV/AIDS sebanyak 582 orang, sementara AIDS sebanyak 1.124 orang,” jelasnya.

Masih munculnya kasus HIV/AIDS setiap bulannya, kata dia, tidak bisa dipisahkan dari konsistennya KPA provinsi dan kabupaten/kota melaksanakan komunikasi, informasi dan edukasi bagi masyarakat serta kelompok rentan.

Akibatnya, masyarakat dengan penuh kesadaran datang memeriksakan diri ke klinik-klinik yang menyediakan fasilitas pemeriksaan HIV/AIDS.

“Ini tanda positif dari penyebarluasan informasi yang gencar dilaksanakan provinsi dan kabupaten kota. Nah kami berharap masyarakat bisa memeriksakan status kesehatannya untuk memastikan tidak terinfeksi penyakit ini,” ajaknya. Antara

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles