spot_img

Kemenag Kembali Usung Haji Ramah Lansia, Tawarkan Moderasi Manasik

JAKARTA – Kementerian Agama mengonfirmasi bahwa pelaksanaan ibadah haji pada 1445 H/2024 M masih mengusung tema haji ramah lansia. Hal ini disampaikan oleh Staf Khusus Menteri Agama Bidang Ukhuwah Islamiyah, Hubungan Organisasi Kemasyarakatan dan Sosial Keagamaan, Ishfah Abidal Aziz.

Ishfah menjelaskan bahwa tema haji yang ramah terhadap lansia masih relevan mengingat dari total 241 ribu jemaah Indonesia yang akan berangkat haji pada musim ini, sebanyak 45 ribu di antaranya adalah lansia.

Oleh karena itu, Kemenag juga menyediakan moderasi manasik haji bagi jemaah lansia untuk memberikan kemudahan dalam melaksanakan ibadah.

“Moderasi manasik haji, (merupakan kajian fikih) yang menawarkan kemudahan proses penyelenggaraan ibadah haji terutama pada jemaah kategori lansia dan risiko tinggi (risti),” ungkap Ishfah dilansir dari laman Kemenag.

Kajian fikih ini dilakukan oleh Kemenag dengan melibatkan para pakar fikih, dengan tujuan memberikan kemudahan bagi jemaah agar ibadah haji dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Gus Alex, panggilan akrab Ishfah, menyampaikan bahwa hasil kajian tersebut menghasilkan beberapa kemudahan dalam pelaksanaan ritual haji bagi para lansia.

Ia mengungkapkan, dari hasil kajian yang dilakukan ada beberapa kemudahan dalam ritual haji yang dapat diterapkan oleh para lansia. Ia kemudian mencontohkan kondisi ketika jemaah harus melempar jumrah.

Menurutnya, bagi lansia sangat riskan, proses perjalanannya cukup jauh dan butuh effort yang sangat luar biasa.

“Oleh karena itu, fikih memperbolehkan ibadah ini dibadalkan atau diwakilkan kepada orang lain untuk melaksanakan ibadah tersebut. Artinya, fikih menawarkan berbagai kemudahan,” tutur Gus Alex.

Selain itu, dalam pelaksanaan thawaf ifadhah juga disediakan kemudahan dengan tidak mengharuskan jemaah untuk langsung melakukan thawaf setelah melempar jumrah.

Semua kajian tersebut kemudian disusun dalam Buku Manasik Haji dan Umrah Jamaah Lansia yang dapat diunduh melalui Aplikasi Super-Apps PUSAKA.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles