Kiat Jualan Kuliner Online Laris Manis Selama Ramadan

Ilustrasi. (Foto: iStock)

JAKARTA – Momen Ramadan dianggap sebagai peluang besar bagi pebisnis kuliner online untuk meningkatkan penghasilan. Meskipun terjadi perubahan perilaku dan kebutuhan masyarakat di masa pandemi ini, platform Online Food Delivery (OFD) tetap menjadi pilihan favorit masyarakat untuk membeli makanan di waktu sahur atau buka puasa selama Ramadan.

Para ahli bisnis kuliner berbagi kiat meningkatkan penjualan kuliner online selama Ramadan, termasuk tips praktis yang dapat digunakan oleh pelaku bisnis kuliner online agar jualan semakin laris manis.

Pahami Waktu Favorit Pelanggan Selama Ramadan

Pelaku usaha kuliner harus memahami waktu-waktu yang tepat untuk berjualan agar usahanya sukses selama Ramadan. Pertama, pada pukul 16.00 – 19.00, pelanggan mulai mencari menu berbuka puasa di platform OFD.

Pastikan stok bahan baku cukup untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Kedua, pada jam sahur antara 02.00 – 04.00, membuka restoran selama waktu ini dapat meningkatkan omzet.

Jual Menu yang Paling Dicari Pelanggan

Selain mengetahui waktu yang tepat, pelaku usaha kuliner juga harus memilih menu yang mudah diolah dan populer selama Ramadan seperti es cendol, sop buah, gorengan, dan jajanan pasar.

Hadirkan Paket Menu Khusus Ramadan

Membuat paket menu khusus Ramadan juga dapat menarik perhatian pelanggan seperti paket berbuka + gratis takjil, paket keluarga, paket sahur, paket Ramadhan hemat, atau paket menu traktir driver.

Buat Promosi dan Iklan untuk Tarik Minat Pelanggan

Promosi dan iklan juga dapat membantu menjangkau lebih banyak pelanggan di platform OFD melalui kampanye promo, diskon menu, dan iklan kategori yang tersedia.

Pastikan Stok Bahan Baku Aman

Memastikan persediaan bahan baku yang cukup dan aman sangat penting bagi pelaku usaha kuliner di tengah tingginya permintaan selama Ramadan. Perjanjian dengan pemasok dapat membantu menghindari kenaikan harga pada bahan baku yang dibutuhkan dalam jumlah besar.

Persiapkan Karyawan Cadangan

Selain itu, menyiapkan karyawan cadangan juga dapat membantu mengantisipasi lonjakan pesanan dan menjaga kualitas pelayanan.

Buat Foto Menu yang Bercerita dan Menggugah Selera

Penggunaan foto menu yang menarik dan menggugah selera serta pemasaran melalui media sosial dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan penjualan restoran selama Ramadan.

Manfaatkan Kekuatan Media Sosial

Saat ini, banyak pelanggan yang mencari rekomendasi resto atau makanan melalui media sosial. Untuk semakin menunjang pemasaran resto selama Ramadan, pelaku usaha kuliner dapat memanfaatkan media sosial sebagai channel untuk menghadirkan konten-konten kreatif mengenai resto atau promo menarik.

Sumber: Antara