spot_img

Komite Darurat PBB Laporkan Faktor Utama Penyebaran MERS di Korsel

JENEWA – Asisten Direktur Keamanan Kesehatan, World Health Organization (WHO) Keiji Fukuda mengatakan, Rabu (17/6/2015) meskipun virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS) merebak di Korea Selatan (Korsel) namun belum sampai pada tingkat darurat kesehatan masyarakat yang harus menjadi perhatian internasional.

Selasa (16/6/2015) lalu sudah dilaksanakan pertemuan, kesembilan Komite Darurat  membahas mengenai wabah di Korea Selatan. Komite telah menyampaikan informasi kepada Sekretariat WHO tentang perkembangan epidemiologi dan ilmiah, penilian risiko,  pengendalian dan tindakan pencegahan.

Misi bersama WHO dan Korea Selatan menemukan faktor utama di balik penyebaran awal virus, karena rendahnya kesadaran dari petugas kesehatan dan masyarakat umum tentang virus MERS tersebut. Selain itu, langkah-langkah pencegahan infeksi yang tidak memadai di rumah sakit dan terjadi kontak berkepanjangan antara pasien yang terinfeksi MERS dengan pasien lain di rumah sakit yang lagi penuh dan sesak memudahkan virus itu menjangkiti pasien baru.

Faktor lain, praktek mencari perawatan ke beberapa rumah sakit yang menjadi kebiasaan anggota keluarga juga menjadi penentu dalam penyebaran awal penyakit ini. Akhirnya virus berpindah dari satu rumah sakit ke rumah sakit lain di mana pasien tersebut di rawat.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles