spot_img

Korban Banjir Bandang Kulawi Butuh Bantuan Air Bersih

SIGI – Camat Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Rolly mengatakan para pengungsi korban bencana banjir bandang  sangat membutuhkan pasokan air bersih dan juga selimut karena kondisi cuaca pascabanjir masih ekstrem.

Rolly mengatakan banjir bandang yang terjadi pada 8 Agustus 2020 menyusul hujan lebat yang mengguyur wilayah tersebut dalam beberapa jam saja, telah memorak-porandakan permukiman penduduk di Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi.

“Peristiwa alam ini bukan baru kali pertama, tetapi sudah beberapa kali dan banjir bandang terbesar pada 2012 dan 2019 dimana saat itu ada korban jiwa,” kata Camat Rolly, dikutip Antara, Selasa.

Desa Bolapapu selama ini merupakan permukiman padat penduduk yang rawan banjir dan longsor. Sebab itu sudah perlu dicarikan solusi demi keamanan, kenyaman dan keselamatan jiwa masyarakat.

Dia mengatakan bahwa sehari setelah bencana banjir menghajar desa itu, langsung berdatangan berbagai logistik bahan makanan dan lainnya. Bantuan-batuan dari berbagai pihak termasuk pemerintah, organisasi dan juga dari NGO hingga kini masih berdatangan di posko bencana alam di Desa Bolapapu.

Namun kini yang paling dibutuhkan masyarakat adalah air bersih dan selimut, karena banjir bandang telah mengakibatkan sumber dan jaringan pipa air bersih yang selama ini melayani kebutuhan masyarakat di desa tersebut, seluruhnya hancur berantakan.

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles