spot_img

Larangan saat Berihram yang Harus Dipatuhi Jemaah Haji, Apa Saja?

JAKARTA – Berihram adalah salah satu rukun haji yang wajib dilaksanakan. Rukun haji merupakan serangkaian amalan yang harus dilakukan dalam ibadah haji dan tidak bisa digantikan dengan amalan lain, meskipun dengan dam. Jika rukun ini tidak dilaksanakan, maka ibadah haji seseorang tidak sah.

Anggota Media Center, Widi Dwinanda, menekankan pentingnya memahami ketentuan dalam ihram, termasuk larangan-larangannya, bagi jemaah haji.

Ia menyebut beberapa larangan berihram yang harus diperhatikan oleh jemaah, seperti memakai pakaian berjahit yang membentuk tubuh (untuk laki-laki).

“Kemudian, menutup kedua telapak tangan dengan kaos tangan (untuk perempuan). Memotong kuku, mencukur rambut dan bulu badan serta bercumbu atau bersetubuh,” kata Widi dilansir dari laman resmi Kemenag

Widi juga menyebut bahwa jemaah dilarang mencaci, bertengkar, atau mengucapkan kata-kata kotor. Perempuan juga tidak boleh menutup mata dengan cadar, serta dilarang memburu, menganiaya, atau membunuh binatang, kecuali yang membahayakan.

“Larangan lainnya, adalah menikah, menikahkan, atau meminang perempuan untuk dinikahi,” katanya.

Widi melanjutkan, jemaah yang sudah berihram dilarang menutup kepala dengan sesuatu yang melekat seperti topi, peci, atau sorban (untuk laki-laki), serta memakai wangi-wangian (kecuali yang sudah dipakai sebelum niat haji/umrah).

“Dan memakai kaos kaki atau sepatu yang menutupi mata kaki dan tumit (bagi laki-laki),” ujarnya.

“PPIH mengimbau kepada jemaah, di sela waktu menunggu puncak haji mendatang agar kembali membaca dan mengaji manasik hajinya melalui buku manasik haji,” imbuhnya.

Ia menambahkan bahwa Kementerian Agama telah menyediakan buku panduan manasik haji, buku panduan manasik haji bagi lansia, serta video manasik haji yang bisa diakses melalui aplikasi Pusaka Kementerian Agama di Play Store dan App Store.

“Jemaah juga dapat melakukan konsultasi ibadah kepada para pembimbing ibadah kloter dan pembimbing ibadah yang ada di setiap sektor,” tuturnya.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles