Lembaga Kemanusiaan Desak Beri Sanksi kepada Myanmar

0
87

LANGSA – Lembaga kemanusiaan yang hadir dalam rapat konsolidasi di Musholla Kuala Langsa, Jl. Pelabuhan Kuala Langsa, Rabu (27/5/2015) yang digagas Asosiasi Organisasi Pengelola Zakat Indonesia, Forum Zakat (FOZ) mendesak Myanmar untuk bertaggungjawab atas krisis kemanusiaan yang menimpa warga Rohingya, sehingga mereka lari dari tanah airnya yang sudah dihuni ratusan tahun sejak nenek moyang mereka.

Pelarian itu telah menyebabkan mereka menderita dan kehilangan harta, nyawa saudara-saudaranya dan juga telah merepotkan negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara.

“Myanmar harus bertanggung jawab dan kalau perlu kita mendesak negara-negara ASEAN untuk mengeluarkan Myanmar dari keanggotaan karena dia membiarkan krisis kemanusiaan terjadi di negaranya, ” ungkap Nur Efendi, dalam forum koordinasi tersebut.

Apa yang dikatakan Nur Efendi, CEO Rumah Zakat ini, diamini oleh seluruh lembaga kemanusiaan yang hadir dalam forum tersebut. Mereka berjanji akan melakukan advokasi dan lobi politik dan mendesak pemerintah untuk ini. Bahkan ada pula yang meminta agar Myanmar dibawa ke Makamah Internasional karena telah membiarkan Pelanggaran HAM Berat terjadi di daerah teritorialnya.

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here