spot_img

LKC DD SUMSEL Peringati Hari Gizi dengan Edukasi “Cegah Stunting dengan Protein Hewani”

PALEMBANG –  LKC Dompet Dhuafa Sumsel berkolaborasi dengan Puskesmas Nagaswidak bersama-sama merayakan event Hari Gizi Nasional 2023 dengan tema “Cegah Stunting dengan Protein Hewani” di Jln. A. Yani Lr. Gumay Gang Bangdes 17 Ulu Palembang, pada Rabu (25/01).

Kegiatan kali ini dihadiri oleh 22 ibu dan balita, dengan rangkaian acara mulai dari edukasi terkait cegah stunting dengan protein hewani langsung dari perwakilan Ahli Gizi Sumatera Selatan yaitu ibu Septa Clara Astiyah, DCN., MARS., RD., kemudian skrining balita, makan telur bersama dan pembagian Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Pemberian PMT berupa telur bebek dan telur ayam untuk 22 balita dengan upaya untuk mencegah stunting melalui protein hewani. Protein Hewani dinilai efektif dalam mencegah anak mengalami stunting. Pangan hewani mempunyai kandungan zat gizi yang lengkap, kaya protein hewani dan vitamin yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan.

Studi yang dilakukan oleh Headey et.al (2018) menyatakan bahwa ada bukti kuat hubungan antara stunting dan konsumsi pangan hewani pada balita 6-23 bulan, seperti susu/produk olahannya, daging/ikan dan telur. Tingkat kecukupan konsumsi energi dan protein dapat digunakan sebagai indikator untuk melihat kondisi gizi masyarakat.

Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa menumbuhkan kepedulian ibu terhadap perkembangan gizi anaknya. LKC DD terus mengajak masyarakat bersama wujudkan generasi penerus bangsa yang bergizi seimbang dan sehat, agar Indonesia menjadi kuat! Selamat Hari Gizi Nasional 2023.peringati

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles