spot_img

Mahasiswa Pecinta Lingkungan Gandeng DMC DD Hadapi Krisis Iklim

TANGERANG SELATAN – Kelompok Mahasiswa Pecinta Lingkungan Hidup dan Kemanusiaan Kembara Insani Ibnu Batuttah (KMPLHK RANITA) menggandeng Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa, Dompet Dhuafa Volunteer (DDV) untuk menggelar aksi nyata hadapi krisis iklim dalam menyambut Hari Lingkungan Hidup pada Jumat (7/6).

DMC, DDV dan KMPLHK RANITA mengadakan Workshop Eco Enzym bersama puluhan peserta yang terdiri dari puluhan pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum di Kantor DMC Dompet Dhuafa, Tangerang Selatan.

Nida Luthfyana Firdaus selaku Ketua Pelaksana Acara menjelaskan kegiatan digelar untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan edukasi akan pentingnya pelestarian lingkungan.

Melalui partisipasi dalam kegiatan ini, peserta dapat belajar tentang peran penting pohon dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan pentingnya upaya konservasi.

Setelah itu para peserta saling bahu membahu melakukan aksi bersih-bersih sampah di Situ Bungur, Tangerang Selatan. Dengan pembagian tim menjadi dua, yakni tim bersih di darat dan tim di air, mereka saling bergotong-royong menyisir sampah di sekitaran Situ Bungur. Terkumpul ada 15 karung sampah dengan berat yang variatif.

Terkumpul sejumlah karung yang berisikan sampah dari aksi bersih-bersih ini. Selanjutnya peserta mengumpulkan sampah tersebut ke tempat pembuangan sampah untuk dipilah dan diproses di tempat pemrosesan akhir.

Hal ini menjadi penanda bagi DMC Dompet Dhuafa untuk meluncurkan fitur Zero Waste Office yang terletak di kantor DMC Dompet Dhuafa, dimana akan dilakukan pemilahan sampah menjadi komposisi organik dan non-organik kemudian memprosesnya sesuai jenis sampahnya.

”Ini merupakan rangkaian kegiatan yang panjang, sebelumnya di Serang, Banten pada Minggu (02/06) bersama kawan-kawan aliansi pegiat lingkungan WALHI juga turut meramaikan Car Free Day dengan menyuarakan dan mengangkat isu tentang lingkungan. Salah satunya adalah pentingnya pengelolaan sampah, kekeringan dan konservasi wilayah pesisir,” ujar Ahmad Baikhaki selaku Manager Kesiapsiagaan dan Mitigasi Adaptasi Perubahan Iklim DMC Dompet Dhuafa.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles