spot_img

Manfaat Membahagiakan Orang Lain dalam Islam, Berumur Panjang hingga Diberi Kemudahan

JAKARTA – Membuat orang lain bahagia bukan hanya perilaku luhur yang harus dijadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga merupakan ajaran fundamental dalam Islam.

Dalam Islam, kebahagiaan tidak sekadar terkait dengan memenuhi keinginan pribadi, melainkan tentang memberi kegembiraan kepada orang di sekitar.

Dalam buku “The Real Happiness” karya Jebel Firdaus, disampaikan bahwa individu yang memberikan manfaat besar kepada sesama adalah yang paling dihargai.

Tindakan yang paling diberkahi oleh Allah SWT adalah memberikan kebahagiaan kepada orang lain atau menghilangkan penderitaan mereka.

Keutamaan dalam membahagiakan orang lain juga dipahami dalam ajaran Islam, sebagaimana diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas RA, Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِىَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُمَا قَالَ : إِنَّ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ إِنَّ اَحَبَّ الْاَعْمَالِ اِلَى اللهِ بَعْدَ الْفَرَائِضِ إِدْخَالُ السُّرُوْرِ عَلَى الْمُسْلِمِ.

Artinya: “sesungguhnya amal yang paling disukai Allah SWT setelah melaksanakan berbagai hal yang wajib adalah menggembirakan muslim yang lain.”

Dari hadis ini, kita memahami bahwa Allah SWT sangat menyukai tindakan memberi kebahagiaan kepada sesama. Ini menunjukkan bahwa membahagiakan orang lain merupakan perbuatan yang mendapat keberkahan dan kasih sayang dari Sang Pencipta.

Berikut ini sejumlah manfaat yang akan kita dapatkan ketika membahagiakan orang lain:

1. Disukai oleh Allah SWT

Membahagiakan orang lain adalah jalan menuju kecintaan dan keridaan Allah SWT. Dalam Islam, tujuan utama setiap muslim adalah mendapatkan kecintaan Allah SWT. Salah satu cara untuk mencapainya adalah melalui tindakan membahagiakan orang lain.

2. Diampuni Dosa

Membahagiakan orang lain juga membawa pahala yang besar, bahkan dapat mengampuni dosa. Hal ini diterangkan dalam kitab Al ‘Athiyyatul Haniyyah yang berbunyi:

“Barang siapa yang membahagiakan orang mukmin lain, Allah Ta’ala menciptakan 70.000 malaikat yang ditugaskan memintakan ampunan baginya sampai hari kiamat sebab ia telah membahagiakan orang lain.”

3. Berumur Panjang

Menjaga tali silaturahmi dan membuat orang lain bahagia berhubungan dengan umur yang panjang. Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang suka diluaskan rezekinya dan ditangguhkan kematiannya, hendaklah ia menyambung silaturahmi.” (Shahiih Al-Bukhaariy no 2067)

Hal ini menegaskan bahwa menjaga hubungan baik dengan sesama tidak hanya mendatangkan kebahagiaan, tetapi juga memberikan umur panjang.

4. Diberi Kemudahan Hidup

Membahagiakan orang lain membawa berkah. Allah SWT akan memberikan kemudahan hidup serta pertolongan kepada orang yang senantiasa membantu kesulitan sesama.

5. Mendapatkan Kebahagiaan Dunia dan Akhirat

Tindakan baik dan kebahagiaan yang diberikan kepada sesama akan membawa keberkahan tidak hanya di dunia, tetapi juga di akhirat. Ini adalah investasi untuk kehidupan yang penuh kebahagiaan.

6. Mendapatkan Pahala

Membahagiakan orang lain dianggap sebagai amalan terpuji dalam Islam. Pahala yang diberikan oleh Allah SWT sangat besar. Pahala tersebut menjadi amalan yang dapat membantu seseorang menuju kebahagiaan abadi di akhirat.

7. Diringankan Beban Pikiran

Memberikan kebahagiaan kepada orang lain juga membantu meredakan beban pikiran. Energi positif yang lahir dari tindakan kebaikan ini dapat membantu mengurangi beban mental dan memberikan ketenangan hati.

Cara membahagiakan orang lain bisa dilakukan dengan berbagai hal yang sederhana, seperti:

  • Ucapkan terima kasih dan pujian ketika mendapatkan pertolongan.
  • Bersikap ramah dan murah senyum kepada orang lain.
  • Berinteraksi dengan sesama dengan penuh simpati dan empati.
  • Memberikan bantuan kepada seseorang yang sedang membutuhkan.
  • Menghabiskan waktu yang berkualitas bersama orang terdekat, keluarga dan teman.
  • Memberikan hadiah kejutan untuk keluarga dan teman.

Dengan menerapkan tindakan-tindakan sederhana ini dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat berkontribusi secara positif untuk membahagiakan orang-orang di sekitar kita. Kita juga dapat meraih keberkahan hidup dan mendapatkan keridaan dari Allah SWT, serta mencapai kebahagiaan yang paling hakiki.

spot_img
Sourcedetik.com

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles