spot_img

Mudahkan Pengungsi Gaza Dapat Layanan Kesehatan, PMI Berikan Bantuan Medis Keliling

GAZA – Palang Merah Indonesia (PMI) bekerjasama dengan Lembaga Bantuan Medis di Gaza membuka layanan kesehatan keliling secara door to door dari tenda ke tenda dengan target melayani 1.000 pengungsi.

Ketua Tim Kemanusiaan PMI untuk Gaza, Arifin Muh Hadi yang tengah berada di perbatasan Rafah Palestina itu mengungkapkan pihaknya sengaja memberi pelayanan kesehatan keliling secara door to door agar memudahkan pengungsi untuk mengakses layanan Kesehatan.

“Layanan Kesehatan Keliling ini merupakan upaya PMI dalam mendekatkan layanan kesehatan bagi warga pengungsi yang sakit. Bagi warga yang sakit namun tidak memungkinkan beranjak ke fasilitas kesehatan darurat, mereka mendapatkan layanan door to door,” ujarnya.

Arifin menilai upaya yang dilakukan PMI melalui layanan kesehatan keliling sangat efektif mengingat terbatasnya fasilitas kesehatan di Gaza tidak sebanding dengan membludaknya jumlah pasien.

“Pendekatan layanan kesehatan keliling ini sangat efektif mengingat jumlah rumah sakit yang beroperasi semakin berkurang, sementara itu kapasitas tampung pasien di rumah sakit yang ada juga sangat terbatas,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Penanggulangan Bencana PMI Pusat, Ridwan Sobri Carman menyatakan, dalam memberikan layanan kesehatan, relawan PMI dibagi ke dalam 2 tim yang terdiri dari 1 dokter dan 2 perawat. Tim tersebut beroperasi di Rafah dan Khan Younis.

“Tim Medis mitra PMI di Wilayah Gaza yang kami mobilisasi terdiri dari 2 tim, masing masing tim didukung oleh satu dokter dan dua perawat. Kedua tim medis ini terus menyasar beberapa penampungan pengungsi di Rafah, Gaza maupun Younis”, jelas Ridwan.

Adapun bantuan medis door to door PMI sejalan dengan harapan WHO yang menekankan perlunya peningkatan cakupan imunisasi rutin serta penyediaan obat penyakit tidak menular, psikotropika, dan anestesi untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat dan mencegah penyebaran penyakit menular.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles