spot_img

Menanti kepak sayap Garuda malam Ini

SKUAD Garuda harus menang melawan Filipina dalam laga yang digelar di Stadion GBK, Selasa pukul 19:30 (11/6) malam ini untuk memastikan maju ke putaran ke-3 Piala Dunia 2026 sekaligus Piala Asia 2027.

Untuk menyemangati anak asuhannya, pelatih asal Korsel Shin Tae-yong menyebutkan, kekalahan 0 – 2 dari tim Singa Mesopotamia, Irak yang peringkatnya jauh di atas timnas (58 berbanding 134) , juga di GBK pekan lalu (6/6) menjadi “modal” untuk mengalahkan Filipina.

Bermodalkan motivasi kuat dan kerja keras yang akan dilakukan para penggawa Garuda dan dukungan puluhan ribu pencinta timnas Indonesia, Shin yakin, anak asuhannya akan menang.

Penggemar sepak bola di tanah air yang mendambakan kesebelsan kesayangannya menang, baru saja menelan kekecewaan karena setelah tampil impresif di fase-fase awal Piala Asia di Qatar bulan lalu, Timnas Garuda U 23  akhirnya gagal mendapatkan tiket Olimpiade Paris 2024 setelah kandas di semi final Piala Asia 2024 yang digelar di Qatar bulan lalu.

Sementara dari angka head to head delapan kali laga kandang timnas Garuda (tujuh kali di GBK dan sekali di Stadion Manahan, Solo) melawan The Azkals, Filipina sejak babak penyisihan Asian Games 1962, Garuda menang tujuh kali dan imbang tanpa gol sekali pada fase grup Piala AFF 2008.

Merendah   

Sementara, pelatih Filipina asal Belgia Tom Saintfiet dengan merendah menyebutkan timnya dalam laga malam nanti bakal menghadapi kesulitan sepanjang 90 menit akibat gempuran tim Garuda yang harus menang dan didukung puluhan ribu suppoters.

“Namun kami akan melakukan segalanya untuk membuat bangga  para pendukung kami. Hasil imbang cukup fantastis, dan menang adalah keajaiban. Tekad kami mengejar poin maksimal walau Indonesia lebih diunggulkan, “ ujarnya.

Indonesia  berada di peringkat ketiga dalam grup F putaran ketiga Piala Dunia 2026 dengan mengantongi tujuh poin di bawah Irak yang menyapu bersih kemenangan di lima laga (15 poin), sedangkan Vietnam meraih enam poin setelah mengalahkan Filipina 3 -2.

Filipina sebelumnya takluk dari Irak 0 -1 dalam laga kandang (22/3), lalu dikalahkan Vietnam di Hanoi 2 – 3 (6/6) dan juga tiga kali kalah beruntun di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Di Grup F, Filipina menempati juru kunci dari lima kali laga, hanya mengemas satu poin (hasil imbang) dan sudah dipastikan tersingkir dari putaran ketiga Piala Dunia 2026, sebaliknya jika menang atas Filipina, timnas Garuda dengan 10 poin sudah pasti lolos.

Jika imbang lawan Filipina, Garuda masih mungkin lolos, dengan catatan Vietnam yang bertanding tandang melawan Irak, kalah atau imbang, sementara Garuda di posisi runner-up dengan delapan poin.

Sekali pun kalah dari Filipina, timnas Indonesia masih mungkin lolos jika Vietnam kalah melawan Irak, sementara skenario lain, jika Irak vs Vietnam imbang, dan Garuda tumbang dari Filipipina, kedua tim sama-sama memiliki tujuh poin, sehingga harus dilihat selisih golnya.

Sejauh ini skuad Garuda dan Vietnam memiliki selisih gl minus dua, namun Garuda mencetak gol lebih banyak yakni enam gol berbanding lima sehingga tetap berada di posisi runner-up atau lolos putaran ke-3 Piala Dunia 2026.

 

 

 

 

 

 

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles