spot_img

Menlu 3 Negara Bahas Manusia Perahu

KUALA LUMPUR – Membahas masalah ribuan pengungsi dari Rohingya dan Bangladesh yang membanjiri perairan Asia Tenggara belakangan, Menlu 3 Negara (Malaysia, Indonesia dan Thailand) sepakat mengadakan pertemuan.

Seperti dikutip dari AFP, Menlu Malaysia Anifaf Aman dan Menlu Indonesia Retno Marsudi akan bertemu di Kota Kinabalu pada Senin, (18/05/2015).

Pertemuan itu akan diikuti dengan beberapa pertemuan terpisah Anifah dengan Menlu Thailand Tanasak Patimaprogorn dalam beberapa pekan ini. “Kemungkinan besar hari Rabu,” kata pejabat Malaysia.

Pejabat Malaysia itu menolak menjelaskan lebih lanjut apakah pertemuan para Menlu tersebut membahas soal krisis pendatang.

Sekitar 3.000 pendatang diselamatkan dari laut, dibawa ke darat oleh Malaysia, Indonesia, Thailand selama satu pekan belakangan.

Pegiat menyebutkan ribuan dikhawatirkan masih berada di laut terombang-ambing dengan kapal yang sangat sederhana, setelah pemerintah Thailand mengungkap bisnis perdagangan manusia di kawasan Asia Tenggara.

Tiga negara ini tengah mendapat desakan internasional agar mengizinkan perahu-perahu itu merapat ke daratan karena tiap perahu berisi ratusan migran yang keletihan.

Kedatangan Muslim Bangladesh ke negara-negara Asia Tenggara diyakini terkait erat dengan parahnya kemiskinan di negeri asal mereka, sementara etnis Rohingya dari Myanmar kebanyakan menjadi mengungsi karena etnisnya ditindas oleh pemerintah Myanmar. – Antara

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles