Mohammad Nuh Terima Penghargaan dari Pemerintah Jepang

Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA, cahunnes.com

SURABAYA – Mantan Mendikbud Prof Dr Ir Mohammad Nuh DEA menerima penghargaan “The Order of The Rising Sun” dari Pemerintah Jepang yang diberikan oleh PM Jepang, Shinzo Abe, di Istana Kekaisaran Jepang di Tokyo.

Didampingi isteri, Drg Ny Laily Rachmawati, Nuh menerima anugerah tersebut pada Selasa (10/5/2016) siang waktu setempat, karena dianggap paling berjasa dalam upaya mengembalikan tulang tentara Jepang yang gugur pada Perang Dunia II di Papua.

“Bagi saya, soal tulang ini termasuk aneh, tapi saya memandang positif bahwa Pemerintah Jepang telah menunjukkan penghargaan yang sangat besar kepada nenek moyangnya, meski sudah menjadi tulang belulang,” katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Jepang merasa kesulitan untuk mengembalikan tulang belulang itu ke Jepang, karena itu dianggap sebagai benda cagar budaya, karena telah berusia di atas 50 tahun.

“Waktu saya Mendikbud, saya mencoba menggunakan pendekatan berbeda. Bagi Pemerintah Indonesia, tulang belulang itu tidaklah terlalu penting. Saya mencoba konsultasi ke Unesco dan mengatakan kalau tulang-tulang itu bukan bagian dari cagar budaya, melainkan urusan kemanusiaan dan hubungan baik antarnegara. Pihak Unesco menerima dengan usulan itu,” katanya.

Jasa lain selama menjabat sebagai Mendikbud RI pada periode 2009-2014, Nuh juga dinilai telah berusaha merintis hubungan kerja sama antar – perguruan tinggi Indonesia dan Jepang. – Antara