spot_img

Norwegia Siap Akui Kemerdekaan Palestina

OSLO – Perdana Menteri Norwegia, Jonas Gahr Store, menyatakan kesiapan negaranya untuk mengakui kemerdekaan Palestina. Tidak menutup kemungkinan, proses pengakuan akan dilakukan bersamaan dengan Spanyol.

Store menegaskan bahwa Norwegia selalu siap untuk memberikan pengakuan kepada Negara Palestina dan memberikan tempat yang layak di PBB.

“Norwegia senantiasa siap mengakui Negara Palestina dan mengakui tempatnya yang layak di PBB. Pertanyaannya saat ini adalah kapan dan bagaimana hal tersebut akan dilakukan untuk mendukung upaya mencapai perdamaian kawasan,” ucap Store dalam konferensi pers bersama Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, Jumat (12/4/2024).

Sanchez sendiri tengah melakukan tur diplomatik di sejumlah negara Eropa untuk mendapatkan dukungan atas pengakuan negara Palestina.

Store menambahkan bahwa pertemuan hari itu menekankan pentingnya koordinasi antara Madrid dan Oslo dalam hal ini.

Meskipun Norwegia belum membuat keputusan resmi, Store menyatakan bahwa kemungkinan pengakuan Palestina bersama Spanyol tidak dikecualikan, terutama karena kedua negara sepakat akan pentingnya proses tersebut.

“Kami belum mengambil keputusan apapun. Apalagi, situasi kawasan saat ini masih sangat dinamis,” kata Store, seperti diberitakan Sputnik.

Store dan Sanchez juga mengutuk tragedi kemanusiaan di Jalur Gaza akibat agresi Israel yang terus-menerus, yang menghalangi bantuan kemanusiaan dan mengancam kelaparan akut bagi sebagian besar populasi Gaza utara.

Keduanya sepakat tentang pentingnya memastikan akses bantuan kemanusiaan, gencatan senjata, dan pembebasan sandera.

Sanchez percaya bahwa solusi dua negara adalah jalan menuju perdamaian yang berkelanjutan, dan harus diterapkan sesegera mungkin ketika kondisi mendukung, dengan cara yang dapat mempercepat proses perdamaian.

“Sekarang waktunya kita wujudkan kata-kata menjadi tindakan. Pengakuan negara Palestina dan saling-pengakuan antara Israel dan Palestina adalah aspek kunci dalam penerapan solusi dua negara. Kegentingan situasi yang terjadi menuntut tindakan drastis,” kata Sanchez.

Madrid sebelumnya telah mengusulkan konferensi perdamaian internasional sehubungan dengan Palestina untuk diadakan sesegera mungkin guna mencapai solusi masa depan yang damai, aman, dan adil antara Israel dan Palestina.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles