Pakistan Tuan Rumah Perundingan Damai Taliban-Afghanistan

0
106

ISLAMABAD—Pakistan memastikan akan menjadi tuan rumah perundingan damai antara pemerintah Afghanistan dan Taliban. Demikian dilaporkan Xinhua, Rabu (8/7/2015).

Pemimpin senior Taliban dan Afghanistan telah melakukan pembicaraan langsung secara tatap muka. Kontak langsung ini adalah yang pertama sejak Presiden Ashraf Ghani menjabat September tahun lalu.

“Sebagai bagian dari komitmen untuk memfasilitasi perdamaian dan proses rekonsiliasi antara pemilik dan pemimpin Afghanistan, Pakistan siap menjadi tuan rumah,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Pakistan, Qazi M Khalilullah melalui pesan singkatnya.

Namun demikian ia tak merinci kapan perundingan itu akan berlangsung. “Rincian lebih lanjut akan diberitahukan nanti,” tambahnya.

Pihak Taliban pun belum mau berkomentar terkair perundingan ini. Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid mengatakan ia belum mememiliki banyak informasi, ia berjanji kepada media akan memberikan keterangan jika sudah ada informasi yang bisa dibagi.

Sementara itu, juru bicara kepresidenan di Kabul mengatakan, delegasi yang terdiri dari empat anggota Dewan Tinggi untuk Perdamaian telah bertolak ke Islamabad. Wakil Menteri Luar Negeri Afghanistan, Khalil Hekmat Karzai dilaporkan memimpin tim itu.

Semoga ada solusi terbaik dari perundingan ini. Amin.

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here