spot_img

PBB Akui Tak Mampu Hentikan Perang di Gaza

EL ARISH – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres, mengaku bahwa PBB tidak memiliki kekuatan untuk menghentikan perang yang dilancarkan oleh rezim Israel di Gaza. Ia meminta kepada pihak yang memiliki kekuasaan untuk bertindak dalam hal tersebut.

Dalam konferensi pers di El Arish, Mesir, Sabtu lalu, Guterres menyatakan melihat begitu banyak korban jiwa dan penderitaan yang tak terhitung.

“Anda tidak bisa melihat begitu banyak orang terbunuh. Anda tidak dapat melihat terlalu banyak penderitaan tanpa perasaan frustrasi yang mendalam. Kami tidak memiliki kekuatan untuk menghentikan [perang di Gaza]. Saya mengimbau mereka yang berkuasa untuk melakukannya,” katanya.

Guterres mengunjungi penyeberangan Rafah antara Gaza dan Mesir sebagai bagian dari perjalanannya yang rutin selama Ramadan untuk menunjukkan solidaritas dengan negara-negara muslim. Serta, menyoroti penderitaan rakyat Palestina di Gaza.

Selama kunjungannya, Guterres menyuarakan keprihatinannya terhadap bantuan kemanusiaan yang terhambat di perbatasan Mesir dengan Gaza karena rezim Israel terus melarang masuknya bantuan tersebut ke Gaza.

Ia mengecam situasi tersebut serta memperingatkan bahwa serangan lanjutan akan memperburuk keadaan yang sudah sulit.

“Lebih dari tragis. Ini adalah sebuah penghinaan moral,” tegasnya.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles