spot_img

Pemanasan Global di prediksi makin cepat, ini kata ilmuan NASA

Jakarta- Setelah melewati beberapa tahun, sekelompok ilmuan memperingatkan peningkatan pemanasan global di abad ini. Suhu akan semakin terasa lebih tinggi dan potensi bencana akan semakin menakutkan.

Dan sekarang, setelah tahun yang diperkirakan menjadi tahun terpanas dalam sejarah, para ahli percaya bahwa hal tersebut sudah terjadi.

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan bulan lalu, seorang pengamat iklim, James E. Hansen dan sekelompok rekannya berpendapat bahwa laju pemanasan global diperkirakan akan meningkat sebesar 50 persen dalam beberapa dekade mendatang, dengan dampak yang semakin meningkat.

Zeke Hausfather, ilmuwan iklim di Berkeley Earth, juga menyebut suhu yang terjadi pada beberapa bulan terakhir ini “benar-benar luar biasa” dan menyatakan, “ada semakin banyak bukti bahwa pemanasan global semakin cepat dalam 15 tahun terakhir.”

Dikutip dari halaman The Washington Post, menggunakan kumpulan data dari NASA untuk menganalisis suhu permukaan rata-rata global dari tahun 1880 hingga 2023. Catatan menunjukkan bahwa laju pemanasan jelas meningkat sekitar tahun 1970.

Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa percepatan ini berasal dari peningkatan tajam emisi gas rumah kaca, dikombinasikan dengan upaya di banyak negara untuk mengurangi jumlah polusi yang memantulkan sinar matahari di dunia.

Namun data yang ada, jauh lebih tidak pasti mengenai apakah percepatan kedua sedang berlangsung. Antara tahun 1880 dan 1969, planet ini menghangat secara perlahan – dengan laju sekitar 0,04 derajat Celsius (0,07 derajat Fahrenheit) per dekade.

Namun mulai sekitar awal tahun 1970-an, pemanasan semakin cepat – mencapai 0,19 derajat C (0,34 derajat F) per dekade antara tahun 1970 dan 2023.

spot_img
Bambang Purnama
Bambang Purnama
Redaktur Pelaksana kbknews.id & Majalah Swara Cinta

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles