spot_img

Pemerintah Diimbau Segera Bertindak Atasi El Nino

JAKARTA – Lembaga Penerbangan dan Antariksa (Lapan) meminta berbagai pihak terutama pemerintah untuk segera mengambil langkah antisipasi dampak dari fenomena El Nino yang telah menyebabkan musim kemarau menjadi lebih panjang.

Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin mengatakan, dampak kekeringan akan terjadi di berbagai sektor, termasuk pertanian dan lingkungan yang mengarah pada kebakaran lahan dan hutan.

Thomas melanjutkan, dampak El Nino lainnya adalah akan terjadi krisis air bersih di banyak daerah karena awal musim hujan yang bergeser. Dia meminta masing-masing kementerian terkait agar menyelesaikan berbagai masalah tersebut.

“Terkait dampak negatif pertanian tentu antisipasi Kementerian Pertanian dan instansi terkait, dampak negatif di kehutanan oleh Kementerian Kehutanan yang punya program-program antisipasi. Demikian juga ketersedian air untuk Kementerian PU dan terkait lainnya,” kata Thomas, Kamis (06/08/2015), dikutip dari ROL.

Thomas mengatakan, Lapan hanya bisa memberikan data dan informasi terkait kondisi kemarau saat ini serta adanya fenomena El Nino dan kemungkinan dampaknya.

Data tersebut, salah satunya didapat dari pemantauan yang dilakukan dengan menggunakan citra satelit. Dari satelit itulah, lanjutnya, terdapat indeks vegetasi yang menggambarkan tingkat kekeringan dan kondisi terkait pembakaran lahan hutan di Indonesia.

“Dari pemantauan itu kementerian dan lembaga terkait bisa memberikan antisipasi dan langkah-langkah pencegahan,” ujarnya.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles