spot_img

Upaya Bantuan Air Bagi Korban Bencana di Bekasi Ditingkatkan

BEKASI – Upaya penanganan kebutuhan air bersih bagi warga yang terkena bencana alam diharapkan dapat didistribusikan secepatnya, sehingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi bekerjas sama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi.

Menurut Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Usep Rahman Salim, sebelum terjalin kerja sama, PDAM Tirta Bhagasasi baru bisa mengetahui ada warga yang membutuhkan air bersih, mengandalkan laporan dari masyarakat melalui telefon.

“Mereka biasanya menelefon kami, minta dikirim air bersih. Laporan tersebut, kami tindak lanjuti dengan mengirimkan air bersih melalui mobil tanki ke lokasi warga yang membutuhkan,” kata Usep, dikutip PR.

Namun, setelah menjalin kerjasama dengan BPBD, kini permintaan air bersih dari warga korban bencana bisa dikoordinasikan dengan BPBD. Apalagi jangkauan BPBD ke beberapa lokasi bencana, jauh lebih luas.

“Dalam situasi bencana, seperti terjadi banjir atau kekeringan, bisa saja warga kesulitan menghubungi kami. Akan tetapi, melalui kerjasama ini, kebutuhan air bersih bagi warga korban bencana bisa difasilitasi juga oleh BPBD,” katanya.

Usep menuturkan, selain menggunakan mobil tanki milik PDAM, distribusi air bersih pun bisa memanfaatkan delapan unit mobil tanki milik Pemerintah Kabupaten Bekasi. Sumber airnya, diambil dari kantor cabang PDAM yang terdekat dengan lokasi warga pemohon.

Ia menyebutkan, sejumlah lokasi di Kabupaten Bekasi yang sudah meminta bantuan air bersih karena mulai dilanda kekeringan, yaitu Kecamatan Bojongmangu dan Cibarusah. Sementara Kecamatan Tarumajaya, Cabangbungin dan Muaragembong yang kerap dilanda kesulitan air, hingga kini masih aman.

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles