spot_img

Penjaga Ponpes di Sukabumi Meninggal Tertimbun Longsor Setinggi 15 Meter

SUKABUMI – Seorang penjaga Pondok Pesantren Yaspida Sukabumi, Jawa Barat, meninggal dunia akibat tertimpa bencana longsor tebing tanah setinggi kurang lebih 15 meter yang terjadi di Kampung Renged.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Medi Abdul Hakim mengatakan informasi yang dihimpun dari petugas BPBD setempat, bencana tanah longsor di lingkungan ponpes tersebut terjadi sekitar pukul 14:20 WIB yang dipicu oleh hujan deras yang turun sejak Sabtu siang.

Saat kejadian, korban berada di salah satu bangunan milik ponpes yang tepat di belakangnya terdapat tebing tanah dengan ketinggian 15 meter. Diduga hampir setiap hari diguyur hujan deras sehingga tebing tersebut menjadi rapuh dan akhirnya longsor.

Di waktu yang sama, korban sedang berada di dalam bangunan berbentuk rumah dan tidak sempat menyelamatkan diri saat tanah menimbun bangunan itu. Pihak ponpes dan santri yang mengetahui bencana itu, kemudian mencoba memberikan bantuan dan menggali tanah yang menimbun Jaenudin.

Namun, sayangnya korban meninggal di tempat meskipun sempat dilarikan ke klinik terdekat. Diduga korban meninggal karena kehabisan napas saat tubuhnya tertimbun material tanah yang berasal dari tebing tersebut.

Menerima informasi adanya bencana tanah longsor yang menewaskan seorang warga, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kadudampit bersama petugas dari BPBD Kabupaten Sukabumi mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan pendataan.

“Dampak bencana ini selain menyebabkan satu korban meninggal, juga mengakibatkan bangunan tersebut rusak berat. Hingga saat ini petugas masih berada di lokasi kejadian untuk melakukan pemantauan antisipasi terjadinya longsor susulan serta mengimbau warga maupun santri untuk sementara tidak mendekati lokasi,” tambahnya.

spot_img

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


spot_img

Latest Articles