spot_img

Ratusan Relawan Bertukar Pengalaman di Kemah Relawan Indonesia 2019

SITUBONDO – Disaster management center (DMC) Dompet Dhuafa menggelar forum pertemuan relawan kebencanaan berkonsep outdoor, yang dihadiri ratusan relawan dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul di Taman Nasional Baluran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Bertajuk ‘Kemah Relawan Indonesia 2019’, ratusan relawan lintas profesi saling bertukar pengalaman.

“Diikuti sekitar 200 peserta dari Papua hingga Aceh, yang terdiri dari divisi Dompet Dhuafa Pendidikan, kesehatan dan relawan yang tergabung dengan DMC di seluruh penjuru Indonesia. Kami harap kegiatan tersebut dapat meningkatkan kapasitas dan komunikasi antar relawan,” terang Ahmad Lukman, selaku Ketua Panitia kegiatan Kemah Relawan, dilaporkan Zul.

Kemah Relawan Dompet Dhuafa 2019 akan berlangsung selama tiga hari dari Selasa (23/4/2019) hingga Kamis (25/4/2019). Selama tiga hari peserta bukan hanya mendapatkan kesempatan sharing pengalaman, namun juga materi kerelawanan baik teori maupun praktek langsung.

“Kalau tanpa relawan, kita bukanlah apa-apa. Relawan bisa saja menjadi pihak pertama yang terjun dikala ada bencana di Indonesia,” terang Benny, selaku Direktur DMC Dompet Dhuafa.

Para relawan nantinya juga diharapkan dapat menjadi agen mitigasi di daerah nya masing-masing. Sehingga fungsi mitigasi bisa disebarluaskan lebih efisien ke berbagai wilayah di Indonesia. Mengingat nyaris di setiap sisi wilayah Indonesia, menyimpan potensi bencana yang membutuhkan penanggulangan cepat.

 

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles