spot_img

Ridwan Kamil: Belasan Orang Korban Longsor Sumedang Belum Ditemukan

SUMEDANG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan telah mengoordinasikan penanganan evakuasi dan pencarian korban bencana longsor di Desa Cihanjuang Sumedang.

Dia mengatakan koordinasi dilakukan bersama Forkopimda Jabar, Forkopimda Sumedang, BNPB, Basarnas, BPBD dan para relawan.

“Kemarin jam 15.00 terjadi longsor karena curah hujan ekstrim yang menimbun banyak rumah dan masyarakat. Korban jiwa yang sudah ditemukan ada 12 orang. Belasan warga lainnya belum ditemukan. Mohon doanya semoga bisa ditemukan secepatnya,” tuturnya, dalam laman instagram pribadinya.

Dia meminita Pemda Sumedang  untuk terus tegas dalam menindak pelanggaran tata ruang dan terus mengedukasi masyarakat tentang bahayanya bermukim di zona rawan longsor dan pentingnya menanam pohon berakar kuat di lahan2 curam.

“Warga yang terdampak akan segera dipindahkan ke permukiman baru yang lebih aman. Program permukiman baru dibantu pemerintah pusat melalui BNPB sesuai arahan Kepala BNPB Letjen Doni Monardo,” tandasnya.

Dia juga meminta warga Jawa Barat terus waspada di bulan-bulan musim penghujan ini yang sering berpotensi membawa bencana banjir dan longsor.

*Juga dalam kesempatan ini, saya turut berduka cita mendalam kepada maskapai dan keluarga korban dari jatuhnya pesawat Sriwijaya Air. Semoga semuanya diberikan kekuatan dan ketabahan atas musibah ini.”

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles