spot_img

Sejumlah Wilayah di NTT Alami Kekeringan Ekstrem

KUPANG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang, menyebutkan, wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami hari tanpa hujan (HTH) dengan kategori sangat panjang (31-60 hari).

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang, Apolinaris Geru mengatakan juga terdapat wilayah yang mengalami hari tanpa hujan dengan kategori kekeringan ekstrem (>60 hari).

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan hasil monitoring hari tanpa hujan (HTH) berturut-turut dasarian I September 2018.

Wilayah-wilayah yang mengalami kekeringan ekstrem adalah wilayah Kabupaten Nagekeo (sekitar Rendu), Kabupaten Rote Ndao (sekitar Olafulihaa), Kabupaten Kupang (sekitar Hueknutu dan Kupang) dan Kabupaten Belu (sekitar Weluli).

Dia menambahkan, curah hujan dasarian I September 2018 menunjukkan, seluruh wilayah NTT mengalami curah hujan dengan kategori rendah (0-50 mm).

Dilansir Antara, BMKG juga menghimbau masyarakat di provinsi berbasis kepulauan NTT itu untuk melakukan penghematan air, baik untuk konsumsi maupun untuk pertanian.

 

spot_img

Related Articles

spot_img

Latest Articles