Setelah Gempa, Nepal Barat Diterjang Longsor

0
75

NEPAL—Setelah diguncang gempa besar pada awal mei lalu, kini Nepal Barat diterjang longsor. Ribuan orang melarikan diri ke tempat yang lebih aman karena daerah mereka diterjang air bah yang berasal dari Sungai Kali Gandaki. 

Sungai Kali Gandaki ini terletak di Kabupaten Myagdi, sekitar 140km (90 mil) barat laut dari ibukota, Kathmandu. Belum ada laporan korban jiwa dari peristiwa ini. Sementara itu tentara sudah disiagakan untuk membantu warga.

Setelah gempa berkekuatan 7,8 skala Richter pada bulan April lalu dan disusul kemudian pada 12 Mei, bencana longsor kerap terjadi di sejumlah wilayah. Pada Miggu, pukul 3 dini hari tadi longsor yang terjadi di Kali Gandaki telah menyebabkan air di sungai meluap hingga 200 meter.

“Kami telah meminta warga desa di sepanjang sungai di kabupaten ini untuk pindah ke tempat yang lebih aman,” kata pejabat Kementerian Dalam Negeri, Laxmi Prasad Dhakal kepada Reuters, sebagaimana dikutip BBC, Senin (25/5/2015).
Pemerintah juga memperigatkan, longsor tersebut bisa membahayakan salah satu pembangkit listrik tenaga air yang berada di lokasi tersebut.

Advertisement div class="td-visible-desktop">

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here