Sinergi LKC-DD Jateng dengan Pemkab Banyumas Dukung Lansia SMART dan Berdayaguna

BANYUMAS – Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jawa Tengah melakukan audiensi ke Kantor Wakil Bupati Banyumas di Kecamatan Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada Jumat (30/9).

Hal tersebut dilakukan untuk memperkuat kolaborasi dengan Pemerintahan Kabupaten Banyumas. Adapun agenda pada audiensi kali ini adalah memaparkan aktifitas, program dan layanan yang dilakukan oleh LKC-DD Jateng.

Salah satunya adalah kegiatan pelatihan kader AoC (Agent of Change) yang beberapa pesertanya merupakan lansia yang masih sehat dan berdayaguna serta menjelaskan beberapa kegiatan yang bergulir dalam rangka memperingati HLUN (Hari Lanjut Usia Nasional).

Wakil Bupati Banyumas, Drs. Sadewo Tri Lastiono, MM memberikan dukungan gerakan kesehatan lanjut usia nasional yang digelar oleh LKC-DD. Menurutnya gerakan ini merupakan salah satu upaya untuk mempersiapkan para lanjut usia agar mampu menjadi lansia yang SMART (Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif) dan berdaya guna.

“Kami mendukung gerakan kesehatan lanjut usia nasional bersama LKC Dompet Dhuafa. Malalui pelibatan lansia sebagai Agent of Change mampu menjadi agen perubahan bagi kesehatan lansia di seluruh posyandu lansia yang ada di Kabupaten Banyumas,” tutur Sadewo.

Selanjutnya, Titi Ngudiati selaku Kepala LKC-DD Jateng menuturkan audiensi ini sebagai langkah untuk mendapatkan dukungan berbagai pemangku kepentingan, salah satunya Pemerintahan Kabupaten Banyumas.

“Dukungan pemerintah merupakan hal penting agar para Agent of Change (AoC) yang telah dilatih dan dibentuk oleh LKC Dompet Dhuafa terus bergerak untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan mengedukasi sesama lansia, juga mendorong lansia terlibat aktif salam skrining dan kayanan kesehatan lansia di masing-masing wilayah, baik di Kabupaten Banyumas dan Purbalingga,” ujar Titi, dalam keterangan tertulisnya.